Waspadai Masalah Jantung Usai Pulih dari Covid-19, Perhatikan Beberapa Kondisi Ini

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 09:36 WIB
Ilustrasi seseorang menderita penyakit jantung.  (ANTARA/HO-Foto oleh Los Muertos Crew dari Pexels  )
Ilustrasi seseorang menderita penyakit jantung. (ANTARA/HO-Foto oleh Los Muertos Crew dari Pexels )

JAKARTA, suaramerdeka.com - Seseorang yang baru sembuh dari Covid-19 rentan terkena masalah kesehatan, mulai dari yang bergejala ringan pusing dan sesak napas hingga gangguan pernapasan sampai pada jantung.

Seperti diungkapkan Ahli Jantung Wendy Post, M.D. mengatakan virus SARS-CoV-2 dapat merusak otot jantung dan mempengaruhi fungsi jantung.

Pasalnya, sel-sel di jantung memiliki reseptor angiotensin converting enzyme-2 (ACE-2), tempat virus corona menempel sebelum memasuki sel.

Dilansir dari Hopkins Medicine, dia menjelaskan, kerusakan jantung juga bisa disebabkan oleh tingginya tingkat peradangan yang beredar di dalam tubuh.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Jeli Bedakan Rokok Legal dengan Ilegal, Ada Ciri-ciri untuk Acuan

Saat sistem kekebalan tubuh melawan virus, proses peradangan dapat merusak beberapa jaringan sehat, termasuk jantung.

“Infeksi virus Covid-19 juga mempengaruhi permukaan bagian dalam vena dan arteri, yang dapat menyebabkan peradangan pembuluh darah, kerusakan pada pembuluh darah yang sangat kecil, dan pembekuan darah, yang semuanya dapat mengganggu aliran darah ke jantung atau bagian tubuh lainnya. Covid-19 yang parah adalah penyakit yang mempengaruhi sel endotel, yang membentuk lapisan pembuluh darah,” jelas Post.

Oleh sebab itu, menurut Post, jika Anda mengalami detak jantung yang cepat atau jantung berdebar, segera hubungi dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya.

Alasannya, peningkatan detak jantung dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk dehidrasi sehingga pastikan cairan yang dikonsumsi cukup.

Baca Juga: Gim Petualangan Sima Sampai Thailand, Diujicobakan di SILN Bangkok

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X