Kelas Foto Smartphone Lekat Cafe: Berkreasi Fotografi dengan Barang Tak Terpakai

- Senin, 4 Oktober 2021 | 07:45 WIB
Peserta Kelas Foto Smartphone dipandu pengajar Maulana M Fahmi mempraktikkan cara memotet dengan mini studio foto buatan dari barang bekas dalam kelas foto Lekat Café. (suaramerdeka.com / dok)
Peserta Kelas Foto Smartphone dipandu pengajar Maulana M Fahmi mempraktikkan cara memotet dengan mini studio foto buatan dari barang bekas dalam kelas foto Lekat Café. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Sebanyak delapan peserta dari beragam usia mengikuti pelatihan fotografi Smartphone di Café Lekat Jl Mulawarman Raya 2 A Banyumanik Semarang, Sabtu 2 Oktober 2021.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, mereka belajar memanfaatkan fitur kamera fotografi smartphone yang baik dan benar dengan penalaran dan logika pengaturan lighting.

Uniknya, dalam Kelas Foto yang dimentori Dosen Pengajar Fotografi yang juga jurnalis foto Suara Merdeka Maulana M Fahmi tersebut dikemas secara santai dan mempelajari fotografi secara sederhana namun sarat kreativitas.

Dengan memanfaatkan barang-barang bekas atau yang tak terpakai, peserta diajarkan untuk membuat mini studio foto produk dari kardus rokok, merancang lighting buatan, hingga memanfaatkan kain sisa korden, sisa karton dan sisa kaca nako sebagai property pendukung dalam pemotretan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan, Ada Potensi Diguyur Hujan Berintensitas Ringan

Antusiasme peserta dalam praktik memotret juga diapresiasi panitia.

Hanna, siswa kelas 8 SMP 9 yang ikut dalam kelas foto tersebut berhasil unggul dengan karya foto berjudul “ Menerkam Buruan”.

Ia memotret mainan berbentuk binatang singa yang sedang menerkam jerapah dengan setting lighting siluet senja matahari yang dibuat menggunakan lampu belajar yang diberi mika berwarna kuning dan merah. Oleh pengajar ia diapresiasi hadiah Mini Studi Beserta Lighting LED.

“Asik juga mengeksplore fotografi secara sederhana memanfaatkan alat-alat sederhana disekitar kita. Berkarya ternyata bisa dengan ala tapa saja asal tetap mengedepankan kreativitas,”jelasnya.

Baca Juga: PSIS Taklukkan Persebaya 3-2, Naik ke Peringkat 2 BRI Liga 1 2021

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cuaca Ekstrem, Berbagai Penyakit Ancam Hewan Rumahan

Jumat, 12 November 2021 | 07:30 WIB
X