Masa Pandemi Covid-19, Bertahan dengan Pangan Lokal

- Selasa, 14 September 2021 | 21:29 WIB
Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Agus Bastian melihat secara langsung contoh hasil pengolahan pangan dan sajian pangan untuk konsumsi keluarga. (suaramerdeka.com/aris himawan)
Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Agus Bastian melihat secara langsung contoh hasil pengolahan pangan dan sajian pangan untuk konsumsi keluarga. (suaramerdeka.com/aris himawan)

PURWOREJO, suaramerdeka.com - Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir menuntut semua orang untuk menjaga imunitas tubuh. Salah satunya dengan memfaatkan pangan lokal di sekitar kita.

Hal tersebut dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE, pada pelatihan peningkatan pemenuhan status gizi keluarga.

Kegiatan yang berlangsung di Aula PKK pad Selasa (14/9) juga dihadiri Rahyuning Roeswardjito, Dra Titik Mintarsih MPd, Suwarti, Sri Bandu Sunardi, Maini Widarto, dan sejumlah pengurus.

Baca Juga: Bupati Kebumen Launching Universitas Muhammadiyah Gombong

Lebih lanjut Fatimah mengatakan, ketersediaan bahan pangan lokal di Jawa Tengah sangat melimpah disekitar kita.

Pengetahuan masyarakat masih kurang terutama dalam pengolahan dan pemenuhan konsumsi gizi bagi keluarga yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).

Bahkan pengolahannya, masih apa adanya dan kurang memenuhi syarat kesehatan seperti keamanan makanan, ukuran atau takaran makanan.

Melalui pelatihan ini diharapkan, akan dapat mengimplementasikan pengolahan pangan yang memenuhi syarat B2SA dan dengan penyajian yang menarik.

"Tentunya dengan bahan local yang ada disekitarnya seperti pemanfataan HATINYA PKK. Kita harus bangga dengan pangan local, jangan bangga dengan makanan instan," harap Fatimah.

Baca Juga: Ini Manfaat Rebusan Sereh dan Jahe Bagi Kesehatan

Kegiatan pelatihan peningkatan pemenuhan status gizi keluarga ini diikuti 60 peserta yang dibagi dalam dua hari. Peserta terdiri perwakilan TP PKK kecamatan, dan desa binaan.

Sedangkan tujuan pelatihan, untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan peserta tentang pengolahan pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Hindari Lima Kesalahan Ini Saat Mencuci Muka

Senin, 20 September 2021 | 09:18 WIB

Tak Hanya Minum Air Hangat, Berikut Tips Atasi Flu

Minggu, 19 September 2021 | 20:07 WIB

Sering Telat Makan? Awas Bahaya Ini Mengintai Anda

Minggu, 19 September 2021 | 10:58 WIB

Ini Tiga Mitos Diet Sesat yang Perlu Kamu Tahu

Sabtu, 18 September 2021 | 10:12 WIB

Mengenal Penyakit Roscea, Kerap Menyerang Kulit Wajah

Kamis, 16 September 2021 | 10:39 WIB

Kulit Kamu Berminyak? Yuk Simak Tips untuk Merawatnya

Kamis, 16 September 2021 | 09:48 WIB

Masa Pandemi Covid-19, Bertahan dengan Pangan Lokal

Selasa, 14 September 2021 | 21:29 WIB

Ini Manfaat Rebusan Sereh dan Jahe Bagi Kesehatan

Selasa, 14 September 2021 | 21:21 WIB
X