dr Reisa Ajak Masyarakat Waspadai Mutasi Virus Covid-19, Ini yang Perlu Diketahui

- Senin, 13 September 2021 | 21:10 WIB
dr Reisa Broto Asmoro. (suaramerdeka.com / dok)
dr Reisa Broto Asmoro. (suaramerdeka.com / dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Perubahan Perilaku dr. Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat untuk lebih mewaspadai terjadinya mutasi varian baru dari virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19.

Reisa mengatakan mutasi virus tersebut merupakan bentuk alamiah dari sebuah virus yang sedang menyesuaikan diri dan ingin bertahan hidup.

“Yang perlu diketahui juga bahwa mutasi virus itu bereplikasi. Sehingga semakin banyak virus berkembang biak, berpindah inang, maka makin besar kemungkinan dia bermutasi,” kata Reisa dalam “Siaran Sehat Kesiapsiagaan Hadapi Varian Baru” yang terpantau daring di Jakarta, Senin 13 September 2021.

Baca Juga: Soal Perundungan KPI, Polisi Janji Usut Tuntas

Lebih lanjut dia menjelaskan dalam penyesuaian itu, tidak semua efek mutasi pada suatu virus berbahaya. Proses mutasi dapat membuat virus itu sendiri hancur atau bertahan dan memiliki daya serap yang lebih hebat.

Ia memberikan contoh virus SARS-CoV-2 yang menjadi penyebab Covid-19, merupakan variasi dari berbagai seri mutasi dari virus SARS-CoV-1 yang menyebabkan terjadinya wabah SARS di tahun 2002 di sejumlah negara seperti Hongkong, Singapura, dan Taiwan.

“Jadi memang mutasi ini sebagai cara makhluk hidup berevolusi pasti terjadi. Tugas kita adalah mempelajari, memantau dan memahami supaya mutasi ini terantisipasi.

Jadi kita punya langkah antisipasi dan perlindungan yang tepat,” kata Reisa menjelaskan pentingnya mengantisipasi terjadinya mutasi pada suatu virus.

Baca Juga: Penjelasan Dokter Tirta tentang Bahaya Begadang, Risiko Terkena Stoke

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Olah Raga yang Tren Selama Pandemi Covid-19

Jumat, 31 Desember 2021 | 11:25 WIB

Ini Khasiat Buah Naga untuk Redakan Batuk dan Flu

Selasa, 28 Desember 2021 | 21:29 WIB
X