Fakultas Kedokteran Undip Layani Konsultasi Telemedicine Pasien Covid-19

- Rabu, 1 September 2021 | 14:07 WIB
 Peresmian layanan konsultasi telemedicine khusus untuk pasien Covid-19 baik itu di tempat isolasi terpusat maupun isolasi mandiri oleh Fakultas Kedokteran Undip. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Peresmian layanan konsultasi telemedicine khusus untuk pasien Covid-19 baik itu di tempat isolasi terpusat maupun isolasi mandiri oleh Fakultas Kedokteran Undip. (suaramerdeka.com/Cun Cahya)


SEMARANG, suaramerdeka.com - Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (Undip) membuka layanan konsultasi telemedicine khusus untuk pasien Covid-19 baik itu di tempat isolasi terpusat maupun isolasi mandiri.

Layanan telemedicine ini dibuka sekaligus sebagai rangkaian Dies Natalis ke-60 Fakultas Kedokteran Undip. Telemedicine ini bekerja sama dengan Rumah Sakit Nasional Diponegoro dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-60 Fakultas Kedokteran Undip dr Yan Wisnu Prajoko menjelaskan layanan telemedicine ini merupakan wujud nyata Undip dalam menjawab kesulitan pasien Covid-19 terutama pasien isolasi mandiri dalam mengkonsultasikan kesehatannya.

Dr Yan menambahkan layanan telemedicine ini, Fakultas Kedokteran Undip akan menyiapkan relawan 20 dokter spesialis dan 35 dokter yang tersebar di selter isolasi terpadu di Jawa Tengah.

Baca Juga: Barcelona Boyong Luuk de Jong, Dipinjam dari Sevilla Selama Semusim

"Kebanyakan di isolasi terpadu itu dokter umum dan kita akan memberikan dukungan khusus dokter spesialis nantinya kita terintegrasi dengan Dinkes Jateng serta terhubung dengan faskes jika itu isolasi mandiri dirumah dalam memberikan obat untuk menghindar kesalahan," katanya saat peluncuran konsultasi telemedicine di Gedung Dekanant Fakultas Kedokteran Universitas yang juga disiarkan secara virtual, Rabu, 1 September 2021.

Dekan Fakultas Kedokteran Undip Prof dr Dwi Pudjonarko menambahkan teknologi sekarang kian canggih ditambah era pandemi Covid-19 yang mengubah semua sendi kehidupan.
Sehingga memerlukan penyesuaian salah satunya dalam pelayanan konsultasi kesehatan secara online.

"Layanan kesehatan harus mampu menggunakan komunikasi audio visual termasuk perawatan diagnosis, konsultasi dan pengobatan yang melibatkan dokter dan pasien. Dan konsultasi telemedicine ini merupakan solusi yang sangat baik," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo mengatakan telemedicine di masa pandemi ini mempermudah dan membantu rumah sakit dan puskesmas. Yulianto mendorong agar telemedicine terus dilaksanakan lebih baik lagi dan diperluas lagi.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Capek Kerja, Ini 4 Tanda Kamu Butuh Liburan

Minggu, 25 September 2022 | 06:18 WIB
X