'Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo', Inovasi di Dunia Pendidikan

Red
- Kamis, 28 Januari 2021 | 04:22 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pameran pendidikan virtual ‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021’ sebentar lagi akan berlangsung pada 6-7 Februari 2021. Melibatkan puluhan universitas terkemuka atau lembaga pendidikan, pameran virtual ini dapat diakses secara gratis melalui laman https://expo.akupintar.id/.

Pameran pendidikan virtual ini merupakan inovasi di dunia pendidikan yang digagas oleh PT Aku Pintar Indonesia dan didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu solusi memberikan informasi pendidikan dengan cara baru di tengah kondisi pandemi.

Bertema ‘Energizing Dreams: Pemanfaatan Teknologi Sebagai Solusi Akselerasi Pendidikan di Indonesia’, Virtual Edu Expo ini menawarkan pengalaman kekinian dalam mengunjungi pameran pendidikan yang aman, nyaman, dan gratis serta dapat diakses pengunjung dari mana saja mereka berada.

Selain pameran pendidikan, para pengunjung dapat mengikuti ragam talkshow dengan berbagai narasumber inspiratif, konsultasi pendidikan, kompetisi cerdas cermat SMA virtual, serta permainan berhadiah jutaan rupiah. “Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu Expo 2021 adalah solusi yang kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan akan informasi pendidikan yang biasanya didapat melalui pameran pendidikan konvensional,” kata Lutvianto Pebri Handoko, CEO dan Co-Founder Aku Pintar, Kamis (28/1).

Pengunjung cukup mengakses https://expo.akupintar.id/ untuk melakukan registrasi secara gratis dan melihat jadwal kegiatan yang diadakan. Akan terdapat ruang-ruang pada laman web, dan pengunjung cukup meng-klik ruangan tersebut untuk mengeksplorasi Virtual Edu-Expo. Semisal untuk menonton talkshow, kita cukup memilih thumbnail ruang auditorium, kemudian akan di-hiperlink-kan ke video/live streaming yang menayangkan program tersebut.

‘Satu Klik, Aku Pintar Virtual Edu-Expo 2021’ juga menghadirkan aktivitas gratis berhadiah jutaan rupiah berupa e-money bagi pengunjung. Pengunjung dapat mengumpulkan poin dari setiap aktivitas yang diikuti selama pameran berlangsung seperti mengunjungi booth, menonton talkshow, mengunduh brosur, dan ragam aktivitas lainnya. Selain itu, poin didapat dengan mengikuti permainan yang berlangsung seperti mengumpulkan item (scavanger hunt) serta permainan lainnya. Sepuluh orang pemuncak leaderboard atau pengumpul poin terbanyak akan mendapatkan hadiah total jutaan rupiah berupa e-money.

PTN yang bergabung pada pameran pendidikan virtual ini misalnya Universitas Brawijaya Malang, BINUS University. Beragam talkshow gratis dengan narasumber mulai dari Pakar Pendidikan, Pakar Marketing Millennial, Psikolog, Pakar IT serta anak-anak muda berprestasi di kancah global.

Salah satu narasumber yakni penasihat pendidikan, Prof. Dr. H. Arief Rachman, M.Pd  yang akan membahas ‘Tren Pendidikan Indonesia’ pada Sabtu, 6 Februari 2021. Selain itu akan hadir juga Mochamad James Falahudin sebagai co-founder dari Aplikasi Ayo Jaga TPS dengan tema ‘Teknologi Masa Depan dan Kesiapan SDM Indonesia’.

Juga digelar kompetisi cerdas cermat virtual pertama di Indonesia yang diikuti oleh pelajar setingkat SMA dari seluruh Indonesia. Diikuti oleh 48 sekolah, kompetisi ini berlangsung dari 23 Januari hingga 7 Februari 2021. Tahapan seleksi atau babak awal diadakan pada 23-24 Januari dan 30-31 Januari 2021. Tahap semi final dan grand final masing-masing diadakan pada 6 dan 7 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

Ini Cara Mudah Bikin Vlog lewat Smartphone

Kamis, 25 November 2021 | 19:20 WIB

HP Xiaomi 12X Siap Menjadi Smartphone Mini Super Canggih

Selasa, 23 November 2021 | 18:51 WIB
X