Rekomendasi Film Indonesia yang Mengangkat Perjuangan Perempuan

- Rabu, 21 April 2021 | 12:43 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Peringatan Hari Kartini merupakan pengingat perjuangan perempuan dalam emansipasi di Indonesia.

Emansipasi perempuan bisa dalam memperjuangkan hak mendapatkan pendidikan layak, karier cemerlang, hobi yang digeluti, mendampingi anak dan keluarga, hingga tentang kebahagiaan diri sendiri.

Bahkan perjuangan perempuan Indonesia ada pula yang dibuat film dan sengaja diproduksi untuk menginspirasi para penonton dalam menghargai kesetaraan antara perempuan dan laki-laki.

Berikut beberapa film yang dihimpun suaramerdeka.com dari beberapa sumber tentang perjuangan perempuan.

1. Susi Susanti: Love All (2019)

Film ini digarap berdasarkan kisah nyata kehidupan legenda bulutangkis perempuan Indonesia, Susi Susanti. Susi berjuang tak hanya untuk menggapai cita-citanya, namun juga pantang menyerah berlatih dan mengharumkan nama Bangsa Indonesia dalam meraih emas pertama dari cabang bulutangkis pada Olimpiade Barcelona 1992.

2. Kartini (2017)

Hari Kartini tak lengkap jika tidak menceritakan kisah pahlawan perempuan Indonesia, Raden Ajeng (R.A) Kartini. Film berjudul Kartini ini menggarap biografi sang pahlawan nasional perempuan pertama itu.

Film yang diperankan Dian Sastrowardoyo menggambarkan sosok perempuan yang berjuang dalam kehidupannya. Perempuan yang cerdas dan penuh semangat ini peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan berjuang menyetarakan hak bagi perempuan dari semua status sosial.

Halaman:

Editor: Rosikhan

Tags

Terkini

X