• KANAL BERITA

i Konser, Channel TV Tayangan Konser Live Musik Pertama

MINIPACK:  Peluncuran minipack i Konser di M Blok, Kawasan Blok M, Jakarta, Rabu (29/1). (suaramerdeka.com / Benny Benke)
MINIPACK: Peluncuran minipack i Konser di M Blok, Kawasan Blok M, Jakarta, Rabu (29/1). (suaramerdeka.com / Benny Benke)

JAKARTA, suaramerdeka.com- PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) via brand IndiHome menghadirkan minipack i-Konser Channel. Di layanan ini pelanggan dapat menikmati 100 persen tayangan konser musik secara langsung (live) ditayangkan 24 jam nonstop. Serta dapat dinikmati kembali oleh para pecinta musik di Indonesia.

Diklaim, i-Konser  sebagai channel konser musik berbayar pertama di dunia dengan model pay-per-view dan video-on demand.  Dijelaskan Direktur Consumer Service Telkom, Siti Choiriana, tidak semua orang bisa menyaksikan konser konser di seluruh Indonesia, oleh karena itu, layanan ini diadakan. Menimbang masyarakat Indonesia sangat menggemari pertunjukan musik.

"Tercatat sampai saat ini ada tujuh juta pelanggan IndieHome dengan viewer puluhan juta.," kata Siti Choiriana, saat peluncuran minipack i Konser di M Blok, Kawasan Blok M, Jakarta, Rabu (29/1).

i Konser akan ditayangkan di Channel  459 SD dan 949 HD. Siti Choiriana menambahkan, selain tayangan musiknya bisa direwind selama tujuh (7) hari, right atau hak intelektual musisi yang ditayangkan dalam layanan ini sudah terpenuhi secara legal. "Sehingga bisnis musik yang sehat dan menyehatkan dalam bisnis ini, benarbenar terjadi, " katanya.

CEO Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi mengatakan konsep di i Konser berangkat dari ide bagaimana caranya orangorang yang tidak bisa menonton konser secara live,  bisa menonton konser gelaran Rajawali.  "i Konser sangat berbeda dengan konsep tayangan lain, seperi You Tube.  Meski pembagian asetnya sangat pelik, terutama untuk artis asing, " katanya.

Sangat Adil

Dia menambahkan,  pembagian hasil dalam layanan ini sangat adil secara ekonomi.  "Sesuai aggrement-nya, intinya golden shake hand, atau semua happy. Bagi rata," kata Anas.

Anas menjelaskwn tayangan konser musik selain bisa disaksikan di layar TV di rumah, juga dapat disaksikan via gadget subscriber iKonser. Dengan begitu, melalui channel i-Konser, penikmat musik di Indonesia dapat menyaksikan konser musik di manapun mereka berada. i-Konser channel menyediakan 12 tayangan langsung konser musik dalam satu tahun atau satu konser setiap bulannya. Pelanggan dapat menikmati tayangan konser musik secara langsung dengan pay-per-view di IndiHome TV.

Pelanggan juga dapat menonton kembali tayangan konser musik yang diinginkan melalui video-on-demand IndiHome.  Terdapat beberapa jenis konser musik yang bisa diantaranya Live Heritage Konser, Teater Musikal, Konser Musikal dan Live Musik Festival seperti Prambanan Jazz, JogjaRockarta dan Mocosik Festival.

Untuk tahun ini, i-Konser channel di IndiHome TV menayangkan konser dari musisi papan atas Indonesia diantaranya Yura Yunita pada 29 Januari, Kunto Aji pada 18 Februari, Jogjarockarta Festival pada 1 Maret disusul Mocosik Festival pada bulan Mei, Prambanan Jazz Festival di bulan Juli serta Batik Music Festival di Oktober 2020. Pelanggan IndiHome yang berlangganan i-Konser juga berkesempatan memenangkan satu tiket gratis untuk menonton konser tersebut.

“Melalui i-Konser, kami berharap IndiHome dapat memberikan pengalaman baru bagi pelanggan untuk menonton konser musik secara langsung dalam genggaman serta dapat memajukan industri musik di Indonesia,” pungkas Siti Choiriana.


(Benny Benke/CN26/SM Network)