• KANAL BERITA

Dodi Katamsi Berbagi Ilmu Vokal di Hotel Noormans

Dodi Katamsi mengamati seorang peserta Bengkel Master Vocal di Hotel Noormans. (suaramerdeka.com/Nugroho Wahyu Utomo)
Dodi Katamsi mengamati seorang peserta Bengkel Master Vocal di Hotel Noormans. (suaramerdeka.com/Nugroho Wahyu Utomo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dodi Katamsi dikenal sebagai vokalis rock yang cukup mumpuni. Putra aktor Amiroso Katamsi ini bahkan pernah menjadi vokalis grup rock Elpamas di tahun 1990-an. Kemampuannya dalam mengolah vokal kemudian dia bagikan dalam sebuah klinik vokal di rumahnya atau mengajar ke berbagai daerah. Salah satunya di kota Semarang, Selasa (30/7).

Melalui kegiatan Bengkel Master Vocal yang digelar di Hotel Noormans Semarang, pengagum Peter Gabriel ini memberi contoh teknik bernyanyi dengan vokal yang benar. Menurutnya, untuk belajar vokal yang benar, berlatihlah dulu melalui pengaturan diafragma. "Mengembang waktu berbunyi, agar vokalnya tidak terputus," kata Dodi.

Selain itu, lanjut Dodi, gigi bagian atas juga kelihatan. Untuk mencegah vokal tidak mengalir leher. Dodi pun memberi contoh dengan membawakan lagu "Terima Kasihku" nya Jamrud dan "Bunda" nya Potret, dari teknik menyanyi menggunakan diafragma dan bukan diafragma. "Ada bedanya kan?" tanya Dodi ke peserta Bengkel Master Vocal.

Kiprah Dodi dalam berbagi ilmu vokal ini menurut manajernya, Radi Brewoks, sudah berlangsung sejak tujuh tahun silam. "Beberapa waktu lalu sempat mengajar di pesantren dengan nama acara Pesantren Menyanyi. Karena pelatihan vokal ini bukan untuk menyanyi saja, tetapi juga saat membaca kitab suci Al Quran," pungkasnya.

 


(Nugroho Wahyu Utomo/CN40/SM Network)