• KANAL BERITA

Renungkan Kejengahan, Soegi Bornean Luncurkan Single Saturnus

Soegi Bornean. (suaramerdeka.com / Erry Budi Prasetyo)
Soegi Bornean. (suaramerdeka.com / Erry Budi Prasetyo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Soegi Bornean grup musik Indie asal Semarang meluncurkan single perdanya berjudul Saturnus. Dalam karya tersebut grup musik beraliran Folk yang digawangi Fanny Soegi (vokal), Damar Komar (gitar) dan Aditya Ilyas (gitar) berbicara tentang titik kejenggahan dan kepenatan manusia dalam menjalani kehidupannya.

Kapan saja, tak mengenal waktu. Karena proses tersebut akan datang secara natural saat manusia tersebut sudah kehilangan kepercayaan diri dan semangat untuk terus menjalani apa yang memang harus dijalani. Namun berada di titik tersebut, tentu saja ada sebab dan akibat sebelumnya.

Bukan hanya karena gerak tubuh atau aktivitas fisik saja. Bayangan memori lampau, masa depan yang belum tentu, kejadian saat ini yang tak selalu sesuai harapan atau tindak tanduk yang belum benar juga bisa membentuk proses tersebut.

Meski begitu, kita tidak seharusnya berada di dalam titik tersebut. Bangkit dan keluar dari zona tersebut dan percayalah pasti penolong yang akan menuntutmu kembali semangat menjalani hinggar binggar dunia ini.  Narasi itu disampaikan dengan lantunan merdu vokal yang menenangkan dari Fanny Soegi. Dibalut dengan petikan gitar menyentuh yang dimainkan Damar Komar dan Aditya Ilyas membuat single tersebut terasa nyaman dan megah.

Lirik sarat makna tersebut ditulis Dimec Tirta Pranata. Mereka berharap karya tersebut bisa menjadi renungan  dan bisa diterima pendengarnya hingga bisa memberi semangat baru. "Karya ini merupakan gambaran kegelisahan tentang kejengahan atau kepenatan yang dialami seseorang. Dimana dalam titik tersebut mereka benar-benar terpuruk. Tapi kemudian mereka menyadari hingga bangkit dan semangat untuk kembali menatap kehidupan," ungkap Manajer Soegi Bornean, Erick. 

Semoga, lanjut dia, karya perdana yang menjadi pematik mereka untuk berkarya dan apa yang disampaikan lewat lirik Saturnus tersebut tersampaikann dan diterima oleh siapa saja yang mendengarnya. "Semoga apa yang kami sampaikan melalui single Saturnus ini bisa tersampaikan dan bisa mengena di hati siapa saja yang mendengarkan. Ini juga sebagain pelecut kami untuk terus menelorkan karya-karya berikutnya," ujarnya.

Terkait proses kreatif single tersebut, lanjut dia, untuk aransemen diracik oleh tiga personil Soegi Bornan yakni Fanny, Damar dan Ilyas. Kemudian dilanjut dengan melakukan proses rekaman yang dilakukan di Studio GME dengan Sound Engineering Erwin Hadinata. "Kami percayakan cita rasa tata suara Sound Engineer pada Erwin Hadinata. Adapun bersama single tersebut Soegi Bornean meluncurkan video lirik dengan balutan animasi yang digarap oleh Effendi, seniman muda berbakat.


(Erry Budi Prasetyo/CN26/SM Network)