• KANAL BERITA

Mahasiswa FTIK USM Promosikan WebERP

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

EKSPRESI - Sejumlah mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) beberapa waktu lalu mengunjungi Fla Salon yang bertempat di Jalan Sapta Prasetya Utara 6 No. 116 Pedurungan Kidul, Semarang. Nah, kunjungan tersebut dalam rangka wawancara dan memperkenalkan WebERP kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tersebut.

Lima mahasiswa yang terdiri dari Mochammad Abduh, Aminuddin Lathif, Nurul Tri, Laila, dan Alfia mendemonstrasikan dan menjelaskan cara penggunaan WebERP khususnya dalam administrasi pembelian dan penjualan jasa maupun produk kepada pemilik Fla Salon. Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mendorong para pengusaha UMKM untuk melakukan digitalisasi dan sebagai bukti memenuhi tugas akhir mata kuliah Pemrongraman Aplikasi Bisnis .

Disisi lain, Enterprise Resource Planning (ERP) adalah aplikasi sistem informasi manajemen terintegrasi untuk membantu penyelesaian masalah pada bisnis / organisasi yang mencakup multifungsionalitas seperti supply chain (rantai pasokan),  manajemen persediaan, manajemen pesanan pelanggan, perencanaan produksi, sistem produksi, pengiriman barang jadi, akuntansi, manajemen sumber daya manusia, dan fungsi bisnis lainnya.

Agus Kristanto selaku pemilik Fla Salon mengungkapkan, sebelum dikenalkan dengan aplikasi WebERP, dia masih mengalami kesulitan dalam menangani pembukuan tertulis khususnya pada pencatatan penjualan dan pembelian, terlebih dirinya sudah membuka cabang di Jalan Lamper Tengah Raya No. 562 Semarang Selatan.

“Dengan WebERP ini, saya lebih mudah mengontrol keuangan dari jauh, lebih praktis dan menghemat biaya,” ucapnya.


(Adib Auliawan/CN42/SM Network)