• KANAL BERITA

Kebiasaan Beli Baju Baru saat Lebaran Juga Ada Sejarahnya

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

EKSPRESI - Lebaran sebentar lagi, nih. Sudah beli baju baru belum? Eits tapi tunggu dulu. Kenapa ya, setiap lebaran selalu diidentikkan dengan baju baru? Sampai-sampai ada lirik lagu "baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya".

Ternyata, tradisi baju baru saat lebaran memang ada sejarahnya, loh. Fakta ini ditulis Marwati Djoened Poesponegoro dan Nugroho Notosusanto di dalam buku Sejarah Nasional Indonesia.

Di sana disebutkan, tradisi beli baju baru saat Lebaran sudah dimulai tahun 1596 di Banten. Kesultanan Banten sendiri adalah sebuah kerajaan Islam yang berdiri di Provinsi Banten, Indonesia.

Jadi saat itu mayoritas penduduk Muslim di bawah kerajaan Banten sibuk nyiapin baju baru. Warga pun masih menjahit baju sendiri, soalnya teknologi masih terbatas banget. Dan pada saat itu cuma kalangan kerajaan yang bisa dapet baju bagus buat Lebaran. Karena itu, beda sama hari-hari biasa, mayoritas warga yang bekerja sebagai petani berubah profesi jadi tukang jahit dadakan menjelang Lebaran.

Bukan cuma di Banten, warga Muslim di kerajaan Mataram (Kesultanan Yogyakarta) juga melakukan hal yang sama. Selain membuat baju baru untuk lebaran, mereka punya tradisi menyalakan obor di jalan-jalan.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)