• KANAL BERITA

Mudik Naik Pesawat? 5 Hal Ini Bisa Terjadi Pada Kulitmu di Ketinggian

Foto : berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

EKSPRESI - Sering bepergian dengan pesawat terbang? Kalau iya, kamu harus mulai waspada, nih! Karena secara nggak sadar, kondisi selama kita berada di pesawat ternyata memengaruhi kulit wajah kita, lho. Ini diantaranya!

Kulit kering

Saat di pesawat, kulit kita bisa kering karena kurangnya tingkat kelembapan. Tingkat kelembapan di dalam pesawat diperkirakan hanya mencapai 20%, sementara kelembapan kulit normal yang kita butuhkan sekitar 40-70%. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa moisturizer dan selalu mengonsumsi air putih.

Kulit kusam

Berada di ketinggian di atas rata-rata normal manusia, membuat kita merasakan tekanan yang bisa menghalangi aliran darah menuju kulit. Aliran darah yang terhambat inilah yang menyebabkan kulit wajah kita tampak kusam. Untuk mencegah hal ini, kita bisa menggunakan masker wajah, seperti sheet mask untuk melembapkan sebelum naik pesawat.

Terpapar Sinar UV

Percaya atau nggak, wajah kita bisa terpapar sinar matahari atau UV yang bisa membakar kulit meski kita berada di pesawat, lho. Berada dalam ketinggian yang membuat posisi kita lebih dekat ke matahari, otomatis wajah kita akan lebih mudah terkena paparan sinar UV. Paparan sinar UV ditambah dengan tipisnya udara yang ada dalam pesawat akan memudahkan radiasi sinar UV menembus kulit kita. So, jangan lupa pakai sunscreen, ya!

Kulit Stress

Tekanan udara yang tipis, rasa gugup, dan tertekan saat berada di pesawat dapat membuat kondisi kulit wajah menjadi stres, lho. Keadaan ini secara nggak langsung dapat memicu adanya masalah-masalah kulit yang nggak diinginkan, seperti kulit stres, kekurangan cairan atau dehidrasi dan kusam. Nah, untuk itu jangan lupa rajin minum air putih dan semprotkan cairan pelembap, seperti face mist atau moisturizer beberapa kali selama perjalanan.

Kulit Berminyak

Well, selama di pesawat, nggak cuma bikin kulit kita kering, tapi juga bisa bikin kulit kita justru berminyak, lho! Tekanan udara yang tipis dan suhu udara yang dingin, juga bisa berdampak pada produksi minyak pada kelenjar sebum semakin banyak. Nah, kalau sudah begitu, kamu bisa atasi dengan blotting paper atau kertas minyak untuk menyerap minyak di wajah kamu.


(Femna/CN42/SM Network)