• KANAL BERITA

Anti Boros, Ini 4 Tips Hemat Belanja Baju Lebaran

Foto: istimewa
Foto: istimewa

EKSPRESI - Sebentar lagi bulan Ramadan bakal segera berakhir dan Lebaran yang ditunggu bakal segera tiba. Membeli baju baru sudah menjadi tradisi menjelang Lebaran ya. Tapi jangan sampai kamu jadi boros hanya karena menjelang hari raya. Belanja tanpa dikontrol bakal membuat dompetmu semakin menipis.

Nah, buat kamu yang nggak pengin boros tapi pengin punya baju Lebaran, coba ikuti tipsnya berikut ini ya.

Tentukan yang Mau Dibeli Sebelum Belanja

Wajib diingat, tetapkan dulu baju seperti apa yang akan kamu beli. Ini bakal sangat membantu kamu dari yang namanya lapar mata. Jangan sampai semua yang kamu pengin dibeli. Bisa juga yang tadinya pengin dibeli malah teralih oleh barang lain.

Nah, dengan mencatat apa yang paling dibutuhkan, kamu bisa menemukan prioritas. Kamu bisa memprioritaskan apa yang sangat dibutuhkan. Misal, kamu lebih butuh dress ketimbang tas mahal. Maka yang harus kamu beli adalah dress untuk Lebaran.

Jangan Langsung Tergiur Diskon

Menjelang Lebaran, diskon-diskon pun bermunculan. Eits! Jangan sembarangan ya. walaupun diskon, kamu juga harus melihat barangnya dulu. Jangan sampai kamu dibutakan diskon dan asal beli saja. Kamu boleh kok curiga kalau diskon yang ditawarkan terlampau besar. Misalnya saja untuk diskon up to 70 persen, sebenarnya nggak ada diskon yang benar-benar mencapai 70 persen.

Bawa Uang Secukupnya

Kalau kamu berbelanja secara langsung dan nggak lewat online, cara paling ampuh agar kamu nggak kalap adalah dengan membawa uang secukupnya. Kalau perlu jangan membawa kartu kredit! Membawa kartu kredit hanya bakal membuatmu merasa aman saat berbelanja. Karena kamu nggak perlu memikirkan pembayaran pada saat itu. Nggak sadar uangmu ditabungan sudah terkuras. Bahaya!

Berpikir Hemat

Walaupun sulit, kamu harus berlatih menerapkan 'mindset' kalau kamu harus lebih berhemat. Meskipun momen Lebaran sangat penting, dan pengin memberikan penampilan yang terbaik, nggak berarti kamu melupakan kebutuhanmu lainnya kan. Gunakan uang secara bijaksana, kawan.


(Adib Auliawan/CN42/SM Network)