• KANAL BERITA

Jangan Bingung, Ini Panduan Pilih Sekolah Negeri atau Swasta

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

EKSPRESI - Selamat buat kalian yang berhasil lulus Ujian Nasional! Kalian adalah pemenang! Trus, setelah ini, apakah kalian sudah punya tujuan sekolah favorit? Biasanya permasalahan yang sering muncul adalah dilema antara sekolah atau universitas negeri dengan swasta. Nah loh, ternyata kelulusan bukan jaminan galaunya hilang, ya?

Tapi tenang, Skulture sudah menyiapkan beberapa pandangan buat kamu agar nggak lagi bingung pilih sekolah. Let's check this out!

Ukur dulu kemampuanmu. Bagi yang akan memasuki SMA, coba deh lihat dulu berapa nilai akhir yang kamu peroleh. Setelah itu cermati apakah sekolah di sekitarmu menunjangmu untuk bisa masuk ke sana. Jika kira-kira kamu bisa memasuki sekolah negeri, tak ada salahnya kamu mendaftar. Namun jika kamu ingin mencoba suasana baru untuk lebih bisa mengeksplore diri, coba komunikasikan dengan orang tua untuk memasukkanmu ke sekolah swasta.

Cermati kualitas masing-masing sekolah. Untuk poin ini, kamu mulai harus sedikit berpikir keras. Coba bandingkan visi dan misi antara sekolah negeri dan sekolah swasta yang sama-sama kamu minati. Dan buat kamu yang mulai kuliah, coba bandingkan kualitas program studi yang kamu minati antara universitas negeri dengan universitas swasta favoritmu. Cermati juga akreditasinya.

Lihat fasilitas pendidikannya. Pumpung kamu sekarang tidak terikat dengan jam belajar, ada baiknya main-main sebentar ke sekolah atau universitas yang akan kamu masuki. Cari tahu seputar fasilitas pendidikannya. Seringkali lembaga swasta dipilih karena fasilitasnya yang terkenal lebih lengkap dibanding negeri. Namun saat ini juga banyak sekolah negeri yang fasilitas pendidikannya tak kalah dengan swasta. Be selective!

Seperti apa ya pergaulannya? Ini nih yang nggak boleh kamu lewatkan. Bergaul dengan banyak teman dari beragam latar belakang memang mengasyikkan. Tanpa memandang agama, suku, ras, dan juga kulitnya. Lebih asyik lagi kalau pertemanan kalian tidak dilandasi dengan materi. Nah kamu kudu betul-betul cermat mengamati bagaimana pergaulan antara sekolah atau universitas negeri dan swasta yang sama-sama kamu incar. Ssst.. Banyak juga loh lembaga pendidikan yang terkenal mentereng karena statusnya yang high class.

Cek kemampuan finansial. Setelah menemukan pilihan ke mana kamu akan berlabuh, maka sekarang diskusikan dengan orang tuamu seputar biayanya. Kalau kamu ngebet masuk ke tempat yang kamu inginkan tapi dana tidak mendukung, pilihannya ada di kamu: tetap masuk di sana dengan konsekuensi ikut bekerja freelance untuk membantu orang tua, atau masuk ke sekolah pilihan orang tua.

Well,  terlepas dari semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sekolah atau universitas negeri dan swasta, semuanya kembali ke kamu dan tentunya orang tua. Negeri dan swasta semuanya punya effort yang positif buat perkembanganmu, kok. Tinggal bagaimana kamu membentuk pribadimu supaya jadi seseorang yang berdaya juang tinggi dan berkepribadian kuat. Good luck!


(Fadhil Nugroho Adi/CN42/SM Network)