• KANAL BERITA

Lakukan 5 Langkah Ini untuk Hilangkan 'I Hate Monday'

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

EKSPRESI - Begitu membuka mata pagi ini, mau nggak mau memang harus menerima kenyataan kalau ini hari Senin, ya. Adakah di antara kalian yang masih benci dengan hari Senin? Cukup beralasan sih, mengapa sebutan "I hate Monday" masih sulit lepas.  Sampai-sampai ada candaan, "kenapa dari Senin ke Minggu lama banget, tapi dari Minggu ke Senin cepet banget?".

Supaya kalian nggak bermalas-malasan di hari Senin, ada cara-cara jitu untuk membuat hari Senin jadi menyenangkan.

Buat planning sepekan ke depan. Kamu bisa meluangkan waktu beberapa menit di hari Minggu untuk menuliskan rencana apa saja yang akan kamu kerjakan selama tujuh hari ke depan. Bisa berupa rencana kerja, menu makanan sehari-hari, bahkan juga life goals yang ingin dicapai dalam rentang waktu seminggu. Jangan lupa tuliskan itu di buku agenda atau jadikan wallpaper ponselmu. Dengan sering membacanya, otomatis kamu akan lebih termotivasi untuk menjadikan awal pekanmu lebih berwarna.

Me time setiap akhir pekan. Saat libur tiba, banyak orang memilih waktu ini untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman atau keluarga besar. Bukan sesuatu yang salah memang, karena toh menjalin silaturahmi bukan sesuatu yang dilarang bukan? Tapi ada baiknya untuk menghabiskan akhir pekan sendirian saja. Manjakan dirimu selama sehari penuh agar lebih siap menata diri di hari Senin. Tidur nyenyak, cokelat panas, musik yang menenangkan.... why not?

Nikmati senja di akhir pekan. Meski kedengarannya klise, namun menghabiskan senja di akhir pekan sendirian saja ternyata punya efek positif untuk memulai hari esok. Saat matahari perlahan terbenam dan angin meniup pelan, coba pejamkan mata dan pikirkan apa tujuan hidupmu. Bangkitkan semangatmu saat itu juga, dan ganti perasaan "I hate Monday" menjadi "I love Monday".

Bangunlah lebih awal. Tidur lebih cepat di hari Minggu akan membantumu bangun lebih cepat di hari Senin. Dengan bangun lebih awal, kamu jadi punya lebih banyak waktu untuk prepare. Kamu juga akan menikmati udara pagi lebih lama sehingga bikin makin segar. Selain itu kamu bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan olahraga ringan dan membuat sarapan terbaikmu.

Jangan banyak duduk di tempat kerja. Tahukah kamu, hasil riset National Health and Nutrition Examination pada tahun 2003 menyebutkan, memiliki waktu istirahat yang rutin di antara waktu bekerja perlu dipraktekkan karena sangat baik untuk menyegarkan pikiran. Dikutip dari BBC, berjalan di taman atau membeli camilan di toko depan kantor juga tidak akan mengurangi produktivitas bekerja seseorang. Penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang gemar berjalan selama 10 menit tiap harinya, terbukti mendapatkan energi 18 persen lebih banyak dari rekan kerja mereka yang tidak pernah beranjak dari meja kerjanya.

 


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)