• KANAL BERITA

4 Tips Puasa ala Anak Kos

Foto: istimewa
Foto: istimewa

EKSPRESI – Bisa dibilang bulan puasa adalah momentum terbaik bagi anak kos untuk berhemat, benar nggak? Tapi nggak jarang saat bulan puasa malah jadi ajang pemborosan untuk anak rantau. Kok bisa?

Disadari atau nggak, “penyakit lapar mata” sering menyerang para anak kos untuk membeli menu berbuka secara berlebihan. Akibatnya malah menambah anggaran belanja. Nah, Ekspresi punya empat tips biar anak kos berhemat di bulan puasa. Cek!

Takjil Gratis

Selama bulan puasa, biasanya di beberapa tempat memberikan takjil gratis. Misalnya, masjid atau perusahaan, bahkan dipinggir jalan. Sebagai anak kos, nggak perlu malu-malu buat memanfaatkan kesempatan yang satu ini. Lumayan kan untuk mengemat pengeluaran.

Buka Puasa Sederhana

Tanpa disadari, kalau puasa banyak makanan yang terlihat enak. Kamu tergiur dan membeli banyak makanan untuk berbuka puasa. Situasi ini yang membuat uangmu cepat habis, kawan. Nah, ada baiknya bawa uang secukupnya ketika ngabuburit. Atau untuk lebih menghemat, coba untuk memasak sendiri makanan berbuka puasa.

Nggak Perlu Rajin Ikut Bukber

Buka bersama alias bukber menjadi salah satu momen yang ditunggu di bulan Ramadan. Boleh saja ikut bukber, tapi jangan terlalu sering.  Keseringan ikut bukber bisa membuat pengeluaran makin banyak. Pililah yang penting saja, dan pastinya yang menguntungkan buat kamu juga ya.

Daftar Menu Sahur

Tips hemat yang terakhir adalah membuat daftar menu makanan buat sahur selama bulan Ramadan. Di samping untuk menghemat biaya, daftar ini juga berguna agar kamu bisa makan sahur dengan menu sehat. Selain itu, kamu juga  bisa menghitung uang yang bakal dikeluarkan. Coba juga untuk   memasak sendiri di kos, karena hal itu bisa membuat kamu jauh lebih hemat.  

 


(Adib Auliawan/CN42/SM Network)