• KANAL BERITA

3 Bahan Alami Paling Ampuh Usir Bau Mulut

Foto: berbagai sumber
Foto: berbagai sumber

EKSPRESI - Bau mulut merupakan hal yang merisihkan dan sangat mengganggu saat kita melakukan komunikasi langsung dengan orang lain. Selain obat kumur, ada juga bahan alami yang ampuh menghilangkan bau mulut, seperti tiga tanaman obat ini yang pastinya bakal bermanfaat saat kalian berpuasa. 

Daun Sirih
Daun sirih mengandung Betlephonel, Seskuiterpen, Pati, Diatase, Gula, Fungisida, Kavikol yang memiliki efek antidesinfektan, serta zat lainnya yang  sangat ampuh mengatasi bau mulut yang ditimbulkan oleh bakteri. Cara mengolahnya pun cukup mudah lho. Siapkan 10 lembar daun sirih segar, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan 400 ml air. Biarkan air rebusan daun sirih mendidih hingga menyisakan air sebanyak 200 ml. Gunakan 100 ml pertama sebagai  obat kumur pagi, lalu sisanya sebagai obat kumur malam.

Jahe
Selain sebagai obat batuk, rasa pedas pada jahe juga sangat ampuh mengatasi masalah bau mulut. Cara meramunya pun sangat gampang, yaitu dengan merebus tiga buah jahe yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong tipis-tipis. Untuk satu kali kumur, sediakan air bersih sebanyak 200 ml, lalu rebus dengan jahe hingga mendidih dan menyisakan air sebanyak 100 ml.

Cengkeh
Meski dikenal sebagai bumbu masak, tanaman obat yang satu ini juga bisa menjadi obat andalan penghilang bau mulut. Hal ini dikarenakan minyak cengkeh mempunyai efek desinfektan (mematikan kuman-kuman penyebab bau mulut). Oleh karena itu, nggak jarang kalau cengkeh juga dijadikan sebagai obat sakit gigi. 
Cara meramu jahe hingga menjadi obat penghilang bau mulut mirip dengan meramu daun sirih atau jahe dan dapat dijadikan sebagai obat kumur pagi maupun malam hari.


(Femna/CN42/SM Network)