• KANAL BERITA

4 Kesalahan yang Dilakukan Saat Buka Puasa, Apa saja?

Foto: istimewa
Foto: istimewa

EKSPRESI – Bagaimana puasamu hari pertama ini, kawan? Pastinya lancar ya. Saat bulan Ramadan sepertis sekarang ini, waktu berbuka puasa menjadi momen paling ditunggu ya. Nah, biasanya saat buka puasa, rasanya pengin melahap semua makanan yang ada dan langsung pengin melakukan kegiatan yang nggak bisa dikerjakan pada siang hari.

Tapi tahu nggak, kawan, ternyata ada lima kebiasaan buruk yang dilakukan saat buka puasa yang nggak baik dilakukan untuk kesehatan. Apa saja?

Makan dengan Porsi Banyak

Saking laparnya, saat waktu bebuka tiba, kamu langsung memesan makanan dengan porsi yang banyak. Eits,  ternyata kebiasan langsung makan banyak saat berbuka puasa di bulan Ramadan bisa menyebabkan gangguan pencernaan lho. Nggak hanya itu saja, kamu juga bakal merasa lemas, mengantuk dan parahnya bisa membuat tubuh jadi lebih gemuk.

Tergesa Mengunyah Makanan

Melihat berbagai jenis makanan, kamu jadi kalap pengin langsung melahap semuanya. Efeknya adalah kamu jadi mengunyah makanan dengan buru-buru. Nah, menelan makanan dalam kondisi makanan yang masih kasar justru bisa mengganggu pencernaanmu. Selama puasa, pencernaan bekerja lebih lambat dikarenakan perut yang kosong. Dengan menelan makanan yang teksturnya masih kasar, pencernaanmu bakal merasa kaget dan bekerja sangat keras.

Banyak Minum Manis

Setelah adzan berkumandang, banyak orang biasanya langsung mengonsumsi minuman manis. Berbagai jenis minuman manis ini bisa mengembalikan tenaga. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis malah hanya berbahaya bagi kesehatanmu, seperti munculnya penyakit diabetes. Selama kamu mengonsumsi minuman manis dengan jumlah yang tepat, hal ini masih boleh dilakukan.

Buru-buru Olahraga

Karena nggak mau menguras energi terlalu banyak, biasanya banyak orang yang memilih untuk berolahraga tepat setelah berbuka puasa. Sebenarnya ini tidak baik untuk pencernaanmu. Jadi, lebih baik sisihkan waktu setidaknya dua jam setelah berbuka untuk melakukan olahraga, sepeti nge-gym. Hal ini memberikan waktu buat tubuhmu untuk mencerna makanan.

 


(Adib Auliawan/CN42/SM Network)