• KANAL BERITA

Mahasiswa Ini Bagi Ilmu Bikin Proposal Penelitian yang Pasti Tembus

Foto: dok. Panitia
Foto: dok. Panitia

EKSPRESI – Bagi para mahasiswa, tentunya sudah nggak asing lagi dong dengan yang namanya, Proposal Program Kreativitas Mahasiswa alias PKM. Anyway, kalau mau menelaah, PKM tuh sebenarnya banyak banget lho manfaatnya bro. Selain buat menunjang penelitian kita-kita yang seneng banget meneliti, PKM yang baik juga bisa membawa lolosnya proposal yang kemudian membawa kita bisa mendapat pendanaan ke institut atau kampus lain, bro.

Hmm... tapi nih yang jadi kendala adalah, bikin proposal yang baik dan benar tuh nggak gampang. Apalagi bisa sampai lolos. Butuh perjuangan tcuy. Ya nggak sih?! Nah, inilah yang kemudian coba disampaikan sama teman-teman kita dari Program Studi Farmasi Politeknik Katolik Mangunwijaya dengan mengadakan acara workshop Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Acara yang digelar dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang ini ternyata cukup mengundang antusiasme para mahasiswa lho, bro. Total 125an mahasiswa terlibat sebagai peserta diacara ini.

“Adanya kegiatan ini bertujuan untuk menambah kreativitas serta melatih dan menggugah semangat mahasiswa khususnya dalam membuat karya-karya penelitian sehingga diharapkan terciptanya kembali bibit-bibit unggul yang baru seperti halnya tahun 2016 lalu ada beberapa mahasiswa yang dapat lolos pendanaan lewat PIMPNAS Ke-29 di ITB Bandung,” kata Maria Mita Susanti S Si M Kes selaku koordinator workshop.

Tommi Yuniawan S PD MHum yang dipilih sebagai narasumber memapaparkan mengenai pentingnya sistematika penulisan serta ide yang unik, menarik dan seksi sangat penting untuk menunjang Lolosnya proposal. Selain Tommi, hadirnya Monica Kristiani M Sc Apt serta mahasiswa yang telah mengikuti PKM dan terdanai, juga semakin menambah magnet ketertarikan acara tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami selaku mahasiswa selain menambah wawasan juga membuat kami peka terhdap sekitar untuk melalukan penelitian serta penemuan baru,” kata Irena Kartika, sebagai ketua PKM workshop.

Pun diakhir sesi, Tommi Yuniawan juga sempat memberikan wejangannya untuk para mahasiswa yang akan melakukan sebuah studi penelitian agar proposal mereka bisa menjadi lebih menarik.

“Intinya, optimis, yakin, semangat dan tetap luar biasa,” pungkas Tommi.


(Imam Supriono/CN42/SM Network)