• KANAL BERITA

Kampus Lyf: Tipe-tipe Dosen Part #1

EKSPRESI– Ujian Nasional untuk taraf Sekolah Menengah Atas alias SMA sederajat telah berakhir minggu lalu bro. Itu tandanya tinggal menghitung hari lagi, akan memasuki tahun ajaran baru. Nah, kalau yang SMP akan jadi mahasiswa baru di SMA, yang SMA pun akan menjadi maba alias mahasiswa baru. Hmm... sebenarnya mahasiswa baru itu antara enak dan nggak enak sih. Kayak ibarat ketemu Raisa di mall gitu. Enaknya ada pemandangan yang bening tapi nggak bisa nggandeng. Duuhhh! Nah, kalau di dunia perkampusan ini atau biasa diistilahkan dengan kata #KampusLyf, sebenarnya juga nggak beda jauh sama di per-SMA-an. Terutama dari segi pengajarnya. Kalau di SMA ada dosen killer, di perkuliahan ada dosen dengan beberapa tipe. Dari yang annouying sampai yang ramah dan baik hati. Apa saja sih tipe-tipe dosen itu? Kuy cek, bro!

1. Dosen yang Hari Ini Bilang ‘A’ Besok Bilang ‘B’

Doi saja yang kalau ngomong plin-plan kitanya pasti sebel apalagi ini dosen ya. Misalnya hari ini kita ada asistensi tugas, Pak Anwar (nama samaran lho ya, red) bilang kalau kita harus revisi dibagian alinea kedua kalimat ke delapan puluh. Eh pas sudah revisi besoknya malah bilang kalau yang harus dirubah tuh kalimat pertama paragraf ke delapan. kan T*IK!!!

2. Dosen yang Nggak Mau Kalah

Dimanapun dosen selalu benar dan mahasiswanya selalu salah. Masak sih? Ya...  nanti kamu akan merasakannya sendiri kok, bro. Misalnya nih, kayak yang nomer satu. Kitanya protes kalau sebenarnya kemarin Pak Anwar bilang yang salah tuh bagian ini, eh tapi dianya tetap saja ngeyel kalau yang salah bagian itu. Ya... mau nggak mau namanya dosen selalu benar, kitanya jadi harus revisi ulang lagi. Revisi aja terus sampai rambut ubanan jadi nggak ubanan lagi.

3. Dosen yang Boleh Dateng Molor Tapi Mahasiswanya Nggak

Biasanya sebelum ke materi perkuliahan, pas awal masuk itu ada yang namanya kontrak kuliah. Isinya sih membahas tentang persetejuan ketentuan kuliah. Dari mulai kesepakatan cara berpakaian sampai bobot nilai. Bahkan juga soal keterlambatan. Nah, pas disini ada dosen yang penginnya mahasiswanya itu on time, tapi pas kenyataannya eh malah giliran mahasiswanya yang on time dosennya malah nggak on time. Kan nyebelin, tuh. Lebih nyebelinnya malah kadang-kadang kalau sudah telat lewat dari 20 menit tiba-tiba ada chat dari Komting (istilahnya ketua kelas) kalau dosennya bilang kelasnya kosong. Hmm!

4. Dosen yang Bisa Berbaur

Disisi lain nggak selamanya dosen tuh nyebelin kok, bro. Diantara dosen-dosen yang diatas ada juga dosen yang asik dan seru. Yang bisa berbaur sama mahasiswanya. Malah kadang juga pergi bareng, sampai bikin kegiatan sosial bareng. Kan asik tuh. Jadi kita nggak cuma belajar tentang materi kuliah yang kaku. Tapi juga belajar banyak hal. Wagelazeh!

Ya...mungkin itu adalah beberapa tipe dosen yang biasa ditemui di kampus. Sebenarnya masih ada lagi sih. Sisanya akan kita bagikan di part #2 besok. So, pantengin ya!

Foto: berbagai sumber


(Imam Supriono/CN46/SM Network)

  • Tags