• KANAL BERITA

Cari Tahu Yuk Gimana Sejarah Valentine Itu

Foto: istimewa
Foto: istimewa

ZAMAN now, siapa sih anak muda yang ngga  tahu valentine? Semua generasi milenial pasti tahu dan perayaan hari kasih sayang seperti ini biasanya menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu khususnya untuk anak muda. Hari spesial bagi banyak orang di seluruh dunia ini dirayakan setiap tanggal 14 Februari, termasuk di negara Indonesia pun juga sering kali merayakannya.

Walau di Indonesia selalu ada pro-kontra mengenai perayaan hari valentine, kebanyakan dari mereka yang kontra mengenai hari valentine karena ada larangan dari apa yang mereka anut atau ada lagi yang keras menentang valentine dengan mengatakan "Itu kan budaya orang barat bukan budaya orang Indonesia, ngapain dirayakan, sok-sokan jadi orang barat loe."

Namun terlepas dari banyak orang yang kontra ternyata masih banyak juga orang yang pro dan tetap saja merayaan hari valentine.  Melihat tentang sejarah perayaan valentine ada berbagai versi yang menjelaskan tentang asal-usul valentine, salah satunya yang paling populer kisah seorang martir bernama Valentine yang mati terbunuh karena menentang aturan dari Kaisar Claudius II yang melarang pemuda Romawi untuk menjalin hubungan cinta apalagi menikah.

Namun Valentine tetap menjalankan tugasnya sebagai pendeta yang menikahkan banyak pasangan dengan diam-diam sampai pada akhirnya ia ketahuan dan dipenjara lalu divonis mati dengan cara kepalanya dipenggal pada tanggal 14 februari. Jadi ditanggal kematian Martir Valentine inilah yang kita peringati sebagai hari kasih sayang.

Sama halnya perayaan Natal, Idul Fitri maupun hari raya besar lainnya, perayaan Valentine juga disambut dengan meriah,hal ini terlihat dengan banyaknya pernak-pernik hadiah yang berwarna pink, ataupun kado coklat serta kartu-kartu valentine yang bertuliskan tentang cinta.  Biasanya setiap orang akan merogohkan sejumlah uang yang dimiliki hanya untuk membeli barang-barang yang akan diberikan untuk orang  yang disayangi.

Momentum perayaan hari valentine yang berlangsung setahun sekali ini menjadi hari spesial atau khusus dan identik dengan anakmuda untuk menunjukkan rasa sayang terhadap orang yang mereka kasihi, terlebih bagi mereka yang memiliki pasangan.

Lalu bagi para kaum jomblo gimana nich ? Haha ga perlu ngiri ya bro sis, rayain aja bareng teman, atau keluarga... ngga melulu harus sama pasangan kok, nikamti aja bareng siapapun yang kalian sayang.

Namun sebenarnya hari Valentine tidak mesti dirayakan pada tanggal 14 Februari saja lho guys, di manapun dan kapanpun kita bisa menunjukkan kasih sayang  untuk siapapun yang kita sayangi, bisa pasangan, teman, sahabat, saudara maupun keluarga, ngga perlu menunggu hari Valentine yang cuma setahun sekali. Selamat merayakan hari kasih sayang bagi yang merayakan ya bro sis.


(Red/CN26/SM Network)