• KANAL BERITA

Lampion Jomblo Itik dan Mbah Kaca, Produk Kreatif Buatan Mahasiswa Polines

suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

EKSPRESI - Lampion Jomblo Itik dan Mbah Kaca merupakan akronim dari Lampion Joglo Budaya Lokal dari Stik dan Limbah Kain Perca. Lampion Jomblo Itik dan Mbah Kaca adalah sebuah bisnis ciptaan Nurin Jaslinah selaku ketua tim dan Dosen Pembimbing Bapak Syahid ST MEng dan empat anggota yaitu Abdu Shomat, Eka Putri Suantika, Siti Khotimah dan Arina Fitria Amalana.

Mereka sudah memecahkan sebuah produk inovasi yang sangat unik karena dengan mengangkat kearifan budaya lokal Jawa yaitu “Rumah Joglo”.

Ternyata, usaha ini sudah diluncurkan mulai tanggal 20 Maret lalu, sejak pengumuman penetapan lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang Tahun 2019.

Produk ini bisa dijadikan hadiah untuk teman-teman yang akan wisuda, ulang tahun dan acara lainnya. Untuk menambah kesan estetik, Nurin dan tim menambahkan hiasan dan lampu di dalamnya.  Selain itu, pembeli bisa meminta bentuk seperti yang mereka kehendaki alis custom.

Pemanfaatan stik es krim dan limbah kain perca merupakan ide baru untuk menciptakan produk kreatif dengan mengurangi jumlah limbah yang semakin meningkat. Lampion Jomblo Itik dan Mbah Kaca merupakan produk handmade inovasi dari stik es krim dan limbah kain percah bisa dijadikan kerajinan miniatur rumah adat joglo. Nggak hanya itu, bisa juga dijadikan boneka karakter kemudian dikombinasi dalam satu bingkai box sehingga membentuk produk yang unik dan menambah nilai guna dari limbah kain percah yang biasanya kurang dimanfaatkan secara maksimal.

Dengan adanya produk usaha ini diharapkan masyarakat dapat dengan bangga untuk selalu menjujung nilai-nilai kearifan budaya lokal seperti salah satunya yaitu “Rumah Joglo”.


(Red/CN42/SM Network)