• KANAL BERITA

Yakin Mau CLBK? Perhatikan Dulu 5 Tips Ini Sebelum Balikan

Foto: The Modern Man
Foto: The Modern Man

EKSPRESI - CLBK alias Cinta Lama Bersemi Kembali, sering jadi alasan di balik orang-orang yang sulit move on. So kadang-kadang CLBK diartikan juga sebagai Cinta Lama Belum Kelar, ya.

Meski kadang banyak orang yang anti sama CLBK, toh nyatanya kemungkinan CLBK memang sering terbuka lebar kok. Apalagi kalau alasan putus kalian bukan karena hal yang prinsip. CLBK juga bisa menjadi kesempatan kedua bagi pasangan untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu.

Nah sebelum memutuskan untuk kembali ke pangkuan sang mantan, pertimbangkan dulu deh 5 hal ini.

1. Memaafkan kesalahannya

Saat kamu memutuskan untuk kembali menjalin hubungan namun kesalahannya di masa lalu masih belum bisa kamu maafkan, lebih baik lupakan keinginan untuk balikan. Sebab, jika kamu masih sulit memaafkan dia, CLBK dengannya justru membuat kamu nggak bahagia. CLBK malah bikin kamu uring-uringan setiap hari.

2. Lihat perubahan sikapnya

Salah satu alasan dalam berakhirnya sebuah hubungan adalah buruknya sikap pasangan. Maka sebelum kembali menjalin hubungan dengan mantan, lihat dulu bagaimana dia memperbaiki dirinya. Cermati prosesnya dalam mengubah pribadi menjadi yang lebih baik. Kalau perlu, tanyakan ke sekelilingnya, apakah dia betul-betul sudah menjadi orang yang berkepribadian baik.

3. Pastikan si dia belum punya pacar

Poin ini penting banget. Jangan sampai dia CLBK hanya sebagai pelarian. Pastikan betul-betul apakah dia punya someone atau belum. Jaman makin canggih, kamu bisa kepoin dia lewat medsosnya, kan? Survei juga gih ke teman-temannya.

4. Respon doi saat bertemu

Karena lama nggak bertemu pasca putus, komunikasimu dengan dia pasti lebih banyak dilakukan lewat WhatsApp atau sosial media. Supaya yakin untuk balikan, kalian harus ketemuan dulu. Lihat responnya. Jangan langsung mengajak bicara soal CLBK, tapi cobalah bangun suasana seperti sedang mengobrol dengan teman lama. Lihat juga responnya, apakah dia lebih menghargaimu saat ini?

5. Jangan terburu-buru

Kata orang-orang, cinta nggak bisa dipaksakan. Hubungan yang dibangun dengan tergesa-gesa pasti nggak akan bagus. Demikian juga dengan kamu dan si dia. Meski senyaman apapun saat ini kamu di dekatnya, please, jangan terburu-buru. Biarkan waktu yang menjawab. Nikmati dulu proses penyamaan visi kalian. Ini penting dilakukan agar hubungan kalian nggak berakhir lagi di tengah jalan.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)