• KANAL BERITA

Mulai PTSL, Mahasiswa KKN Undip Bantu Sukseskan Pelayanan di Gejagan

suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

EKSPRESI - Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap atau akrab disebut PTSL merupakan kegiatan pendaftaran tanah untuk pertama kali yang dilakukan secara serentak bagi semua obyek pendaftaran tanah yang belum terdaftar di seluruh wilayah Republik Indonesia dalam satu wilayah desa/kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu.

Kegiatan ini merupakan inovasi dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan tanah bagi masyarakat. Selama ini masyarakat belum memahami proses dan pentingnya mengurus sertifikat tanah. Proses pengurusan sertifikat tanah masih dianggap sulit oleh masyarakat sehingga hanya sedikit yang bersedia mengurus legalitas tanah tersebut.

Sejak 1 Februari 2019, pelayanan PTSL di Desa Gejagan Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung sudah dibuka. Warga desa Gejagan menyambut dengan antusias tinggi. Berdasarkan wawancara singkat dengan beberapa warga, mayoritas sangat mendukung dan terbantu dengan adanya program PTSL ini.

“Lha nggih mbak ini to kayak pemutihan tanah gitu, ndang diurus biar punya bukti kepemilikan tanah yang sah. Apalagi ngurusnya dibantu perangkat desa dan tergolong murah ketimbang ngurus sendiri to mbak bisa jutaan,” tutur salah satu warga.

Sosialisasi mengenai PTSL sudah dilakukan sejak awal tahun bersama dengan mahasiswa KKN Undip yang turut membantu dalam survei serta pelayanan PTSL yang kini sudah dapat dilakukan di Kantor Balai Desa Gejagan. Persyaratan yang perlu dibawa ialah fotokopi KTP, Kartu Keluarga, SPPT Terbaru dan materai 6000.

Mahasiswa KKN Undip melayani warga yang sudah sejak pagi hari berbondong-bondong memadati kantor balai. Para mahasiswa yang sedang melakukan pengabdian selama 45 hari di desa tersebut berharap dengan adanya program PTSL dapat meningkatkan jaminan kepastian hukum atas kepemilikan tanah, meminimalisir sengketa lahan pertanahan dan juga meningkatkan kesejahteraan rakyat.


(Red/CN42/SM Network)