• KANAL BERITA

Berbenah Mengubah Sampah Menjadi Berkah

 suaramerdeka.com/dok
suaramerdeka.com/dok

ESKPRESI – Sampah merupakan masalah utama yang kini menjadi fokus bersama di berbagai penjuru dunia. Daya dukung dan daya tampung yang semakin terbatas, membuat sampah menjadi momok tersendiri yang perlu segera diatasi. Indonesia sendiri menjadi negara penghasil sampah terbanyak setelah China. Oleh karena itu berbagai upaya dilakukan untuk dapat mengolah sampah biar bisa digunakan kembali dan memiliki manfaat yang bisa dipakai oleh masyarakat.

Desa Gejagan adalah salah satu desa yang sekarang sedang bersiap untuk berbenah. Masalah yang tengah diprioritaskan nggak lain merupakan sampah. Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang masih dalam perencanaan untuk segera dibangun pada tahun ini tentu menjadi semangat baru untuk warga. Selain TPS, ratusan tong sampah organik dan non argonik beserta dengan kerangka besi untuk penyangga juga telah disiapkan dan disimpan di Balai Desa.

Momentum ini dimanfaatkan oleh mahasiswa KKN untuk dapat membantu mendukung mengatasi permasalahan sampah di desa Gejagan. Mulai dari pembuatan poster edukasi mengenai pemisahan sampah organik dan non anorganik, pemanfaatan puntung rokok yang banyak dihasilkan di desa untuk dijadikan pestisida alami, pembuatan kompos dari sampah organik serta praktek pembuatan ecobrick dari sampah plastik, serta pengorganisasian Bank Sampah. Berbagai kegiatan tersebut dilakukan dengan sosialisasi dan demonstrasi langsung dari RT ke RT, kelompok tani dan kelompok dawis.

“Lha iya disini tu yo yang paling banyak sampah. Kami belum bisa membuat kerajinan dari sampah plastik itu yang biasanya malah dijadikne sumbu tungku, kalo buang sampah ya di kebon trus dibakar, ndak tau juga itu bahaya buat pernapasan sebenere. Apalagi sampah pampers juga itu bingung mau diapain,” tutur salah satu warga yang hadir pada perkumpulan kelompok dawis.

Keikutsertaan mahasiswa KKN Undip dalam pengelolaan sampah di desa Gejagan juga menjadi daya tarik warga untuk ikut belajar mengolah sampah menjadi berbagai jenis produk yang bernilai guna dan ekonomis untuk menunjang perekonomian warga. Antusias warga sangat tinggi, banyak pertanyaan yang diajukan dan berbagi pengalaman seputar persampahan di desa Gejagan.

Harapannya dengan adanya fasilitas yang sudah disediakan oleh desa nantinya dapat membantu warga untuk semakin menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengolah sampah yang dihasilkan.


(Red/CN42/SM Network)