• KANAL BERITA

Should Know! Masalah Pori-Pori Tersumbat & Cara Mengatasinya

foto : berbagai sumber
foto : berbagai sumber

EKSPRESI - Apakah kamu merasa punya benjolan-benjolan kecil di wajahmu, terutama bagian hidung dan dagu? Bisa jadi, hal tersebut merupakan clogged pores. Jangan biarkan clogged pores bikin kamu jadi nggak pede dengan wajahmu. Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang clogged pores dan cara mengatasinya!
 
1. Mengenal Clogged pores
Sebelum tahu tentang clogged pores, kamu perlu tahu lebih dulu pengertian pori-pori. Pori-pori adalah lubang kecil di kulit yang melepaskan minyak dan keringat. Pori-pori terbagi menjadi dua, yaitu pori-pori yang menonjol pada bagian T wajahmu dan pori-pori keringat sangat kecil yang nggak kasatmata.
 
Dikutip dari girlfriend.com.au, dokter kulit Katherine Armor mengatakan bahwa pori-pori sangat penting karena melalui pori-pori, sebum (minyak alami kulit) dapat mencapai permukaan kulit untuk membuat wajah mendapat hidrasi yang baik serta membantu kulit tetap sehat.

2. Penyebab Terjadinya Clogged pores
Ketika nggak dibersihkan, sel-sel kulit mati, minyak, perawatan kulit, polusi, dan makeup yang menempel pada wajahmu akan menyumbat pori-pori dan mengakibatkan pori-pori terlihat lebih besar dari sebelumnya.
 
Pori-pori tersumbat inilah yang menimbulkan komedo-komedo nggak menyenangkan di wajahmu dan membuat pori-porimu terlihat lebih besar. Itu sebabnya kamu perlu membersihkan wajahmu dengan benar setelah beraktivitas seharian sebelum tidur.
 
Jika kamu merasa pori-porimu besar, kamu memang nggak bisa mengecilkan ukuran pori-porimu. Namun, jangan khawatir karena ada cara supaya pori-porimu terlihat lebih kecil.

3. Cara Mengecilkan Tampilan Pori-pori yang Besar
Pori-pori yang tersumbat akan tampak lebih besar. Langkah-langkah berikut disarankan Dr. Armor untuk mengecilkan tampilan pori-pori di wajahmu serta membantumu mendapat kulit yang lebih bersih dan lebih jernih.
 

  • Bersihkan wajahmu dengan pembersih yang lembut setiap malam sebelum tidur. Cleansing milk dan cleansing oil bisa jadi pilihanmu untuk membersihkan minyak, makeup, polusi, dan sunscreen yang menyumbat pori-pori di wajahmu.
  • Pilih produk bersifat non-comedogenic (nggak menyumbat pori-pori).
  • Tetap memakai pelembap meski tipe kulitmu gampang berminyak. Minyak berlebih sebenarnya dihasilkan karena wajahmu kurang terhidrasi. Jadi, mulai sekarang jangan salah mengira pelembap hanya dibutuhkan untuk tipe kulit kering saja, ya!
  • Terakhir, gunakan sunscreen untuk menghindari pori-pori yang semakin terlihat membesar di wajah. Jika kulitmu nggak terlindung dari sinar UV, akan terjadi kerusakan kolagen dan elastis pada dermis yang mendukung struktur kulit kita.

Pilih Produk dengan Kandungan Tepat untuk Menghilangkan Clogged pores
Memilih produk dengan kandungan di bawah ini dapat membantumu mengangkat sel-sel kulit mati dalam kulitmu.
 

  • AHA (Alpha Hydroxy Acids)yang hanya larut dalam air ini hanya akan sampai ke permukaan kulit dan nggak menembus pori-porimu, sehingga cocok digunakan untuk eksfoliasi.

 
Namun, AHA akan mengangkat sel-sel mati di permukaan kulitmu agar tampak sehat dan nggak kusam lagi. Lactic AcidGlycolic AcidTartaric Acid, dan Citric Acid merupakan beberapa jenis AHA yang bisa kamu temukan dalam produk kecantikan.
 

  • BHA (Beta Hydroxy Acid) yang hanya memiliki satu jenis, yaitu Salicylic Acid,tentunya sering kamu temukan ketika menengok produk kecantikan yang ada di toko-toko. BHA dapat larut dengan minyak dan lemak sehingga bisa menembus ke dalam lubang pori untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara maksimal.

 


(Femna/CN45/SM Network)