• KANAL BERITA

Single Baru dari Energi Baru Duo Ruang Musik Rahayu

dok. Ruang Musik Rahayu
dok. Ruang Musik Rahayu

EKSPRESI – Satu lagi yang baru dan segar. Ruang Musik Rahayu sebuah entitas musik Semarang baru saja meluncurkan single perdana  berjudul “Memoria” pada Rabu, 2 Januari lalu. Ruang musik Rahayu merupakan project anyar dari Iyeng Veda vokalis band Ska Aimee dan Dimex Tirta founder band orkes Serempet Gudal. Melalui single Memoria, duo yang mengusung indie Pop/Folk sebagai sarana untuk berkarya tersebut mencoba mengajak pendengarnya untuk berselancar ke ruang memori masa belia. Dimana bermain bersama, mengejar capung, bermain layang-layang usai pulang sekolah, petak umpet dan main sepak bola ditanah lapang menjadi kebahagiaan yang tak bisa tergantikan. Meski minim piranti teknologi.

"Pendengar berusaha diajak berselancar ke dalam ruang-ruang memori masa silam. Masa-masa indah bagi generasi 90-anyang tidak bisa ditemukan di era sekarang," ungkap Manager Ruang Musik Rahayu, Erick Parkers.

Memori masa silam tersebut, lanjutnya, kini nyaris punah. Sebab, dunia anak sekarang telah direbut dan dikuasai egoisme layar 10 inci. Kesehariannya anak-anak sekarang lebih banyak dihabiskan dengan bermain smartphone. Permainan tradisional anak di zaman analog, menurutnya, menjadi tradisi budaya yang harus diselamatkan agar tidak punah.

"Permainan zaman analog cenderung lebih mendidik dan menyenangkan, anak-anak bermain dan berinteraksi sosial bersama teman sebaya. Canda tawa yang tidak semu," katanya.

Bukan berarti pemikiran itu menempatkan diri sebagai generasi anti teknologi.

"Teknologi perlu. Tapi budaya masyarakat kita yang indah itu agar tidak punah terkikis zaman. Kita sebagai generasi muda yang peduli dan menjaga budaya sendiri. Ini tradisi budaya yang Indonesia banget," katanya.

Ruang Musik Rahayu berharap, single perdana Memoria dapat diterima dan mendapat tempat di hati pendengarnya. Sentuhan musik yang easy listening dengan balutan lirik lugas sarat makna, tanpa memaksakan pendengar untuk menelaah makna dari bait-bait lagu tersebut. Terkait penggarapan dan aransemen karya tersebut dimotori langsung oleh Dimex serta Iyeng yang merupakan vokalis dari Ruang Musik Rahayu.

Untuk proses rekaman selain mengisi vokal, Dimex juga memberikan sentuhan gitar dan drum dalam lagu tersebut dibantu Febrian Gendut yang dipercaya mengisi bass serta Yulianto Ucok pada keyboard. Sedangkan olahan tersebut dirangkai di Studio Musik 4WD, Jalan Sukarno-Hatta, Pedurungan, Semarang.

"Kami percayakan cita rasa tata suara Sound Engineer pada Anto S Riyanto," jelasnya.

Adapun bersama single tersebut, Ruang Musik Rahayu juga meluncurkan video lirik Memoria. Video lirik tersebut digarap langsung oleh Dimex bersama Febrian Gendut dengan aktor kakak adik Bishma dan Krisna. Bagi yang penasaran, bisa klik videonya disini!

 


(Imam Supriono/CN42/SM Network)