• KANAL BERITA

Tanamkan Edukasi Kopi di Doesoen Kopi Sirap

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

EKSPRESI – Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang membuat sebuah acara yang bertajuk, “Wande Kopi Edukasi Doesoen Kopi Sirap”. Sesuai namanya, kegiatan yang digelar pada Minggu, 16 Desember di Doesoen Kopi Sirap ini dibikin dengan maksud untuk mengenalkan kualitas kopi yang belum diketahui masyarakat luas.

“Kegiatan ini merupakan sebuah campaign kami di Desa Wisata & Edukasi Doesoen Kopi Sirap,  Edukasi ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat yang belum mengetahui sama sekali tentang desa wisata kopi & budaya yang berada di Doesoen Kopi Sirap, agar mereka mengetahui apa saja yang berbeda dari kopi sirap itu sendiri” ujar Novita Sari salah satu panitia.

Pun hujan bukan halangan. Suasana menjadi semakin hangat lengkap dengan antusias penonton yang melekat. Kegiatan dibuka dengan tarian khas desa setempat yang bernama “Tari Gadung Melati” dan kemudian langsung disambung dengan acara inti, yakni edukasi kopi. Peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, pekerja, hingga pengusaha kedai kopi, diajak keliling di Doesoen Kopi Sirap untuk melihat langsung pengolahan kopi yang selama ini dilakukan oleh warga setempat. Dari mulai pembibitan, pemilihan bean, hingga melihat proses roasting.

“Jujur saja saya cukup tertarik karena Alhamdulillah bisa ikut edukasi. Tidak hanya mengkonsumsi saja tapi juga bisa belajar tentang produksi roasting kopi, kesan pertama saya bahagia dan nggak nyangka bisa mendapatkan kejuatan seperti ini,” tutur Jati salah seorang peserta asal Ngaliyan.

Tak cukup hanya dengan membuat gelaran offline, sebelumnya teman-teman Ilkom USM juga menyuarakan aksi kampanye mulia mereka melalui social media.

“Iya sebelum acara di mulai untuk menganjak peserta untuk mengetahui secara langsung di doesoen kopi sirap ini, dari kelompok kami sudah gencar mengkampanyekan Doesoen Kopi Sirap di media social seperti Instagram dan Whatsapp. Karena target kita adalah mengenalkan Doesoen Kopi Sirap secara lebih luas,” ujar Novita Sari Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang.

Dusun Kopi Sirap sendiri adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Jambu, Jawa Tengah, Kabupaten Semarang. Disana terdapat biji kopi yang memiliki potensi cukup tinggi sebagai daya tariknya.


(Red/CN42/SM Network)