• KANAL BERITA

Puluhan Pelajar SMKN 3 Magelang Serbu Kantor suaramerdeka.com

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

EKSPRESI – Kamis, 8 November kemarin, kantor suaramerdeka.com diserbu 33 pelajar dari SMKN 3 Magelang. Pelajar kelas XI dari program keahlian multimedia ini melakukan kunjugan industri ke kantor yang menaungi redaksi Ekspresi yang berada di Jalan Kawi Semarang. Nggak sendirian, mereka juga didampingi oleh delapan guru.

Rombongan SMKN 3 Magelang diterima langsung oleh redaktur pelaksana I Nengah Segara Seni, koordinator liputan Ahmad Rifki dan para editor dan wartawan.

Bapak Segara berbagi cerita bagaimana proses pembuatan berita mulai dari perencanaan, rapat, pencarian berita, editing hingga menjadi sebuah berita yang dipublikasikan di redaksi suaramerdeka.com.

Nggak hanya itu saja, siswa juga dijelaskan proses pembuatan video jurnalistik mulai dari wartawan hingga sampai ke meja editing video lho.

Kepala SMKN 3 Magelang, Mila Yustiana, mengungkapkan kalau kunjungan industri ini sangat penting untuk siswa yang bertujuan mengetahui seluk beluk industri sebelum mereka terjun langsung dalam praktik kerja lapangan.

Menurutnya, ilmu pengetahuan yang diperoleh di sekolah belum seimbang dengan perkembangan di industri, jadi siswa pun perlu adanya pengenalan biar ilmu di sekolah bisa sinkron dengan industri.

"Sebelum PKL mereka harus mengerti dahulu apa yang akan mereka geluti dan kegiatan ini sangay bermanfaat bagi mereka," ujarnya.

Selain dijelaskan proses kerja suaramerdeka.com, para siswa dan guru pendamping juga diajak mengintip ruang kerja Tabloid Cempaka dan Radio Suara Sakti yang masih grup dari Suara Merdeka Network. 

 


(Adib Auliawan/CN42/SM Network)