• KANAL BERITA

Ingin Memulai Skincare Routine? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini!

Foto : berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

EKSPRESI - Kulit bebas dari jerawat, tanpa pori-pori besar, kenyal dan sehat merupakan idaman setiap gadis. Dan untuk mendapatkan kulit yang sehat, rutin menggunakan skincare adalah jawaban yang tepat. Namun saat akan memulai serangkaian skincare, masih saja merasa bingung mau dimulai dari mana? Well, sebelum membelinya ternyata ada 5 hal yang harus kamu perhatikan lho! Pastinya biar nggak menimbulkan masalah baru lagi. So, what is that?

Mengetahui Jenis Kulit 
Kamu harus mengetahui jenis kulit yang kamu miliki, apakah tipenya dry skin, oily skin, atau combination skin. Dari sini, kamu bisa menentukan bahan apa yang cocok dengan jenis kulitmu. Misalnya untuk dry skin, kamu bisa pilih produk skincare dengan kandungan moisturizer tinggi, seperti yang mengandung lendir siput, green tea, tomato, dan hyaluronic acid. Hindari produk yang memiliki alkohol di dalamnya karena dapat membuat wajahmu bertambah kering.

Untuk oily skin, kamu bisa memakai produk berbahan ringan biar nggak menutup pori-pori, seperti produk yang mengandung aloe vera, tea tree, water, maupun cucumber.
Sementara untuk combination skin, biasanya daerah t-zone yang berminyak dan sekitarnya kering membuat kamu harus memakai bahan skincare yang sesuai dengan kondisi daerah kulitmu.

Perhatikan juga tingkat sensitivitas kulitmu. Jika normal, kamu bisa memakai semua jenis produk yang bahannya sesuai dengan jenis kulit. Namun, jika sensitif, kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih produk. Kamu bisa gunakan produk dengan klaim untuk kulit sensitif, anti-inflamasi, atau anti allergic.

Fokus dengan Tujuan
Memakai skincare tentunya memiliki tujuan tertentu, misalnya untuk mencerahkan wajah, melembapkan, atau menghilangkan jerawat. Jika sudah tahu dengan apa yang kamu butuhkan untuk kulitmu, kamu bisa menyesuaikan jenis produk dan berbahan apa yang mau kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu.
Misalnya untuk mencerahkan wajah dengan serum vitamin C, melembapkan dengan cream Hyaluronic Acid, atau mengilangkan jerawat dengan tea tree oil.

Mendalami Informasi Bahan yang Digunakan
Meskipun sudah tahu bahan apa yang tepat untuk kebutuhkan kulitmu dan sesuai dengan jenis kulitmu, kamu bisa mendalami lagi bahan apa saja selain bahan utama tersebut. Apakah 100% menggunakan bahan natural, atau campuran. 
Misalnya toner dengan bahan aloe vera, yang biasanya ada tambahan AHA BHA yang bisa membuat kulit keringmu jadi beruntusan.

Menyiapkan Budget
Kamu harus menyesuaikan produk apa yang akan kamu gunakan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jadi, kamu bisa memprioritaskan apa yang kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu. 
Misal lebih utama membeli serum dibanding essence, membeli cream wajah dibanding cream mata, atau membeli masker untuk exfoliate dibanding masker untuk melembapkan.

Mengenal Brand dan Tempat Membeli
Tentukan kamu ingin berkiblat ke arah Western skincare atau Korean skincare. Biasanya, Western  skincare menggunakan banyak bahan-bahan campuran, baik organic maupun non organic, dan nggak banyak step.

Sedangkan Korean skincare biasanya memakai bahan utama organik, dan sedikit bahan pendukung organik lainnya, serta memiliki beberapa step pemakaian. Tetapi, kamu tetap bisa menggunakan beberapa step saja yang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

Kamu bisa membeli produk skincare di counter atau store asli, maupun melalui online shop yang sudah memiliki banyak review atau ulasan pembeli biar nggak mendapatkan produk skincare palsu. Dalam pemakaian skincare memang cocok-cocokan, ya! Jadi, apabila ada produk yang cocok dengan kulit temanmu, belum tentu cocok dengan kulit wajahmu.


(Femna/CN45/SM Network)