• KANAL BERITA

Rawat Kulit Berminyak Dengan 4 Cara Mudah!

Foto : berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

Punya kulit berminyak memang serba salah, ya! Bisa-bisa jerawat tumbuh subur atau kulit bakalan mengelupas karena dehidrasi. Nah, kali ini GADIS mau kasih tahu bagaimana cara merawat kulit berminyak yang aman agar kulitmu tetap sehat.

Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah untuk kulit berminyak memang wajib, karena kalau nggak dibersihkan, debu dan kotoran yang ada pada wajahmu bisa menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan timbulnya jerawat. Tetapi, jika terlalu sering membersihkan atau produk pembersih bersifat terlalu keras, juga bisa membuat kulitmu memproduksi minyak lebih banyak.  Solusinya, bersihkan wajah cukup dua kali sehari saja, yakni ketika pagi dan malam hari setelah beraktivitas. Pastikan juga produk pembersih yang kamu gunakan memang sesuai untuk kulit berminyakmu. Kamu juga bisa me-exfoliate wajahmu dengan scrub ringan sebanyak 1-2 kali dalam sebulan, atau melakukan peeling 1-2 kali dalam 3 bulan.

Memakai Pelembap

Memakai pelembap juga penting untuk menyeimbangkan kelembapan kulit wajahmu. Meskipun kulitmu berminyak, tetapi kulit di bawah lapisan minyak tersebut bisa jadi sangat kering. Oleh karena itu, kulit berminyak juga penting untuk memakai pelembap. Tetapi, jika kamu terlalu banyak memakai pelembap atau memakai pelembap yang terlalu kaya, maka pori-pori kulitmu bisa tersumbat dan menyebabkan komedo, hingga timbulnya jerawat. Oleh karena itu, pakailah pelembap wajah setipis mungkin dan pilihlah produk pelembap wajah berbahan ringan, seperti tea tree, aloe vera, seaweed, green tea, maupun vitamin C. Kamu harus menghindari pelembap yang bertekstur rich, seperti Vitamin E dan Hyaluronic Acid.

Memakai Masker

Masker memiliki dua jenis manfaat, yaitu untuk mengurangi minyak seperti clay mask, maupun untuk memberi kelembapan seperti sheet mask. Nah, untuk kulit berminyak, kamu juga memerlukan kedua masker tersebut. Kamu bisa memakai clay mask 2-3 kali dalam seminggu selama 10-20 menit, dan memakai sheet mask 3-4 kali kali dalam satu bulan. Untuk penggunaan sheet mask, kamu bisa memilih varian tea tree atau lemon agar tekstur essence yang ada pada kulitmu nggak terlalu banyak.  Rutinlah juga menggunakan masker berbahan alami, seperti memakai masker jeruk nipis, maupun masker tomat. Pastikan kamu memakai pelembap setelah memakai masker, ya!

Penggunaan Makeup

Dalam penggunaan makeup, kulit berminyak juga memiliki kesulitan tersendiri dalam memilih produk maupun cara penggunaannya. Kamu bisa memilih produk makeup berbahan water atau yang ringan agar pori-pori kulitmu nggak tertutup, dan pakailah setipis mungkin agar produksi minyak pada kulit wajahmu nggak terlalu aktif.
Jangan lupa juga untuk selalu membersihkan makeup-mu, ya!
 


(Femna/CN45/SM Network)