• KANAL BERITA

5 Fakta Unik Garuda Wisnu Kencana yang Kamu Wajib Tahu

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

EKSPRESI - Sebagai bangsa Indonesia, kita wajib bangga loh. Satu lagi bangunan monumental yang mengguncang dunia baru saja diresmikan, Sabtu (22/9) kemarin. Yap, itulah Patung Garuda Wisnu Kencana. Patung berbentuk Dewa Wisnu yang sedang menaiki garuda itu akhirnya berhasil diselesaikan oleh sang seniman, Nyoman Nuarta.

Berada di Kabupaten Badung, Bali ada 5 hal istimewa dari masterpiece ini yang wajib kamu ketahui. Let's check this out!

1. Berhasil rampung setelah 28 tahun
Tahukah kamu, pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana butuh waktu hingga 28 tahun. Patung ini dirancang pada 1990 dengan ide Nyoman Nuarta dan Menteri Pariwisata Joop Ave. Adapun peletakan batu pertama baru dilakukan pada 1997. Pada 2009, proyek besar patung GWK sempat mandek karena krisis keuangan. Akhirnya pada tahun ini dilakukan penempatan lempengan pada bagian tertinggi dari ekor garuda dan melengkapi total 754 modul.

2. Punya filosofi tentang penyelamatan semesta
Patung Garuda Wisnu Kencana berwujud Dewa Wisnu yang sedang mengendarai garuda. Dalam kepercayaan agama Hindu, Dewa Wisnu melambangkan kekuatan utama pemeliharaan alam semesta. Sementara itu, burung raksasa garuda melambangkan kebebasan dan pengabdian tanpa pamrih. Jadi patung Garuda Wisnu Kencana didedikasikan sebagai simbol penyelamatan lingkungan dan dunia.

3. Mengalahkan patung Liberty
Garuda Wisnu Kencana adalah patung ketiga tertinggi dunia setelah The Spring Temple Buddha di Cina yang tingginya mencapai 153 meter dan Laykyun Sekkya Buddha setinggi 135 meter di Myanmar. Patung ini bahkan melampaui tinggi Patung Liberty di New York, AS, yang hanya setinggi 96 meter. Garuda Wisnu Kencana memiliki tinggi 121 meter dengan bentangan sayap 65 meter.

4. Melibatkan 120 seniman dan dana Rp 450 miliar
Pembuatan patung Garuda Wisnu Kencana melibatkan 120 orang seniman. Total anggaran untuk mendirikan patung ini bahkan mencapai Rp 450 miliar.

5. Patung tahan gempa
Meski tersusun dari 3000 ton kuningan dan tembaga, patung Garuda Wisnu Kencana juga dirancang tahan angin dan guncangan gempa. Patung didesain sangat kokoh, tahan akan guncangan gempa yang kerap terjadi di Bali dan sekitarnya.


(Fadhil Nugroho Adi, Berbagai sumber/CN41/SM Network)