• KANAL BERITA

5 Cara Menjaga Persahabatan Saat Mulai Didera Kebosanan

Foto: 123RF.com
Foto: 123RF.com

EKSPRESI – Jenuh memang mudah dialami oleh siapapun juga. Nggak cuma dalam pacaran, kebosanan kadang juga dialami dalam persahabatan. Wajar sih, intensitas pertemuan yang terlalu sering atau kondisi yang gitu-gitu aja sering jadi penyebabnya. Meski sama-sama dibangun atas landasan saling pengertian, tapi tetep aja rasa bosan nggak bisa dicegah. Satu hal yang perlu kamu ingat, teman sejati adalah mereka yang selalu ada di saat kamu jatuh. Jadi kalau sudah punya sahabat, please jangan disia-siakan. Soulution akan beri 5 tips jitu agar persahabatanmu terus  terjaga baik.

1. Mengingat saat pertama bertemu

Kapan kalian bertemu? Mengapa kalian merasa cocok untuk ngobrol? Apa yang membuat kalian percaya satu sama lain? Pertanyaan-pertanyaan ini harus kamu jawab dengan jujur. Mempercayakan hal-hal yang paling rahasia ke orang lain bukanlah sesuatu yang mudah. Jadi saat kamu sudah menemukannya, jagalah dia. Jangan sampai karena jenuh membuat persahabatan kalian merenggang dan akhirnya berpisah.

2. Introspeksi diri atas sikapmu kepadanya selama ini

Saat kamu merasa dia mulai menjauh, kamu wajib introspeksi diri. Apa kesalahan yang pernah kamu lakukan sehingga dia mulai bersikap seperti itu? Mungkin kamu pernah berbuat sesuatu yang melukai perasaannya, tapi dia tidak ingin mengatakannya karena takut kamu sakit hati. So, nggak ada salahnya untuk menanyakan kepadanya apa yang membuat dia menjaga jarak darimu.

3. Catat kebaikan-kebaikan teman terbaikmu

Jangan jadi orang yang mudah melupakan kebaikan. Itu nggak banget. Termasuk jangan lupakan kebaikan-kebaikan yang pernah sahabatmu lakukan. Rasakan ketulusan dalam setiap kebaikan yang dia lakukan padamu. Rasakan pengorbanan yang selama ini dia berikan untukmu. Bukankah persahabatan yang kalian bangun memang berdasarkan ketulusan? Kalau kamu dan dia bersahabat hanya karena faktor materi atau hal-hal negatif lainnya, wajar jika hubungan kalian tidak bisa diselamatkan.

4. Beri kejutan kecil

Ingatkah kamu apa yang jadi kesukaannya? Nggak ada salahnya untuk memberi kejutan kecil berisi barang atau makanan favoritnya. Meski nilainya nggak seberapa, tapi perhatian yang kamu berikan kepadanya cukup ampuh membuat dia luluh sehingga persahabatan kalian tetap utuh.

5. Buat impian-impian yang ingin kalian capai

Sahabat adalah mereka yang selalu menemani di saat suka dan duka. Sahabat adalah mereka yang rela dijadikan “tempat sampah” saat kamu butuh sosok untuk meluapkan amarah. Sahabat jugalah yang akan memberikan dukungan kepadamu agar tetap tegar berdiri sampai meraih kesuksesan. Untuk menjaganya, cobalah dari sekarang bersama-sama membuat catatan tentang impian apa saja yang ingin kalian capai. Berjuanglah bersama-sama. Dengan begitu, kamu akan menghargai rasanya “friendship goals”.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)