• KANAL BERITA

Anti Toxic Friends, Ini 6 Kriteria Teman yang Harus Kamu Pertahankan

Foto: Dissolve
Foto: Dissolve

EKSPRESI - Akhir-akhir ini sering banget ada obrolan soal "toxic friends". Kira-kira kamu sudah tahu belum apa itu toxic friends?

Yap, dari kata-katanya aja kamu pasti udah bisa menebak ya. Toxic friends adalah teman yang cuma bisa ngeracunin hidupmu. Bukan diracun dalam arti sebenarnya, sih. Beracun di sini maksudnya mereka nggak bisa mengajak kamu untuk berubah jadi pribadi yang lebih baik.

Teman-teman beracun ini justru sering mengajak kamu ke kejelekan, isinya berkeluh kesah, dan banyak hal-hal lain yang sangat nggak positif. Tentunya teman-teman semacam ini harus dihindari ya, guys.

So, supaya hidupmu nyaman dan damai, berikut Soulution beri kriteria teman seperti apa yang harus dipertahankan. Let's check this out!

Berani berkata jujur
Jujur itu pahit, memang. Tapi justru dengan teman yang jujur, kamu bisa berubah jadi pribadi yang lebih baik. Teman yang jujur akan mengapresiasi di saat kamu melakukan hal yang benar, dan nggak akan segan menegur kalau kamu melakukan hal yang salah. Teman semacam ini 100 persen lebih baik daripada mereka yang suka menusuk dari belakang.

Enak diajak curhat
Ketika sedang kesal, seringkali kamu bingung kepada siapa uneg-uneg disalurkan. Kadang ada perasaan malu untuk menyampaikan ke orang tua. Nah pada saat-saat seperti inilah kamu butuh teman yang enak diajak curhat. Menyediakan waktunya untuk mendengarkan keluh kesahmu saja, itu sudah jadi hal yang sangat istimewa. Nggak semua orang bisa seperti itu. Apalagi kalau sampai dia memberi saran-saran terbaiknya. Pertahankan ya!

Easy going
Masih ada kaitannya dengan bad mood nih. Untuk bisa melepaskan energi negatif, kamu butuh orang-orang terbaik di sekelilingmu. Teman-teman yang easy going adalah salah satunya. Kamu bisa mengajak dia ke manapun pergi atau bebas bercanda soal apapun tanpa takut saling menyakiti.

Punya segudang energi positif
Teman yang punya banyak energi positif adalah teman yang amat sangat perlu kamu pertahankan, loh. Teman dengan energi positif adalah mereka yang tulus dalam berbuat, nggak pamrih, dan sangat nggak ingin melihat kamu menderita. Mereka juga akan selalu mengingatkanmu pada kebaikan.

Tampil apa adanya
Apa adanya, nggak fake, nggak banyak drama, adalah teman idaman yang kudu dipertahankan. Kamu nyaman dengannya, dia pun nyaman dengan kamu yang apa adanya. Saat bersamanya, kamu nggak akan takut untuk tampil dengan apa yang kamu anggap sebagai kekuranganmu. Dia juga nggak akan membanding-bandingkan kamu dengan orang lain.

Mau menyediakan waktu untukmu
Saat kamu down, saat kamu butuh support, teman yang selalu hadir di saat-saat seperti ini adalah teman yang the best. Kenapa? Karena meski kalian nggak ada ikatan darah atau keluarga, dia selalu mau memberi dukungan tanpa mengenal lelah. Kamu akan nyesel kalo ninggalin temen seperti ini. Swear!


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)