• KANAL BERITA

Temanku Sering Bad Mood, Harus Gimana Dong?

Foto: Edmondata
Foto: Edmondata

EKSPRESI – Punya sahabat yang suka bad mood tiba-tiba itu susah-susah gampang. Kita suka nggak tahu kapan dia bisa berubah dari yang semula baik-baik aja, tiba tiba berantakan mood-nya. Gangguan emosi ini juga sering disebut dengan mood swing.

Suasana pertemanan pasti jadi nggak nyaman kalau dia sedang dalam posisi seperti ini. Nah sebagai sahabat, kamu wajib mengembalikan mood dia biar jadi baik lagi.  Gimana caranya? Simak  tips-tips berikut ini.

  • Membiarkan dia  “menikmati” perasaannya

Bukannya jahat, tapi membiarkan dia merasakan bad mood sampai tuntas adalah cara yang cukup jitu. Karena, dalam perasaan yang nggak jelas seperti itu, biasanya saran apapun akan sulit diterima. Salah-salah, kamu bisa jadi kena sasaran kemarahan. Biarkan dia sampai emosinya turun sedikit demi sedikit.

  • Membawakan makanan yang dia suka

Saat dia terlihat nggak lagi sesedih atau semarah sebelumnya, ada baiknya kamu mendekat dan bawakan makanan kesukaannya. Biasanya, makanan bisa mengubah mood dari yang suram menjadi ceria.

  • Siap pasang kuping mendengarkan curhatnya

Sebagai sahabat yang baik, kamu harus selalu menyediakan waktu dan tempat untuk bersandar saat dia ingin mencurahkan isi hatinya. Kamu harus siap menampung segala keluh kesahnya. Dengarkan setuntas-tuntasnya. Kalau dia menangis, biarkan. Menangis adalah cara terbaik untuk meluapkan emosi yang terdalam.

  • Memberikan kekuatan

Nasehat-nasehat dari seorang sahabat seringkali lebih mudah diterima daripada nasehat dari orang lain. Bantu dia meredakan bad mood-nya, tapi nggak perlu dengan menceramahi ya. Cukup berikan motivasi motivasi singkat yang menyenangkan dan mudah untuk dilakukan.

  • Ajak hang out

Kalau sahabatmu sudah pulih dari moodnya yang jelek, nggak ada salahnya ajak dia jalan-jalan untuk melupakan penyebab bad mood tadi. Nggak perlu diungkit, buat dia ceria dan tersenyum kembali.


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)