• KANAL BERITA

Pelajar Juga Wajib Isi Kemerdekaan, Simak Cara-caranya

Foto: Berbagai Sumber
Foto: Berbagai Sumber

EKSPRESI - Nggak terasa ya, Indonesia sudah memasuki usia ke-73. Kalau kamu suka baca sejarah, pasti kamu tahu dong bagaimana sepak terjang para pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan. Bukan cuma keberanian, mereka bahkan rela mengorbankan harta dan keluarga. Bagi para pahlawan, yang terpenting Indonesia bebas dari penjajahan.

Nah, sebagai pelajar, kamu wajib tahu cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi kemerdekaan. Ingat, perjuangan kalian nggak seberat para pahlawan yang harus memanggul senjata. Yakin masih mau santai-santai aja?

  1. Menjalankan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hayo, siapa yang nggak hafal Pancasila? Sebagai anak muda jaman now, kalian harus mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aktivitas. Misal untuk menjalankan sila pertama, kamu wajib menjalankan perintah agama tanpa mengolok-olok keyakinan lainnya. Lalu untuk sila kedua, kamu harus bersikap toleran dan suka membantu pada teman yang memerlukan pertolongan. FYI, Pancasila sempat mau diganti dengan ideologi lain, loh. Jangan sampai, ya.
  2. Bersikap kritis pada setiap informasi. Sekarang ini berita hoax alias berita palsu banyak banget tersebar di dunia maya. Berita-beritanya pun provokatif dan suka membuat tidak tenang masyarakat. Sebagai generasi muda, kamu berkewajiban mempertahankan keamanan dan kenyamanan masyarakat loh. So, kalau ada berita-berita bernada jahat kaya gitu, kamu harus kritis dan meluruskan kesalahannya. Kamu harus tampil sebagai pejuang kebenaran. Speak up, guys!
  3. Taat pada peraturan yang berlaku, baik di sekolah maupun di masyarakat. Ngakunya pelajar, tapi kok suka melanggar peraturan? Wah nggak bener nih. Kalian wajib taat pada peraturan yang ditetapkan, baik di sekolah maupun di rumah. Kalau ada yang bilang “peraturan dibuat untuk dilanggar”, jangan didengar. Semua peraturan yang dibuat itu pasti punya nilai positif, kok. Tentunya untuk melatih kamu bersikap disiplin.
  4. Jangan egois dan menganggap dirimu yang terbaik. Nah siapa yang suka kaya gini? Menganggap diri sendiri paling baik dari orang lain adalah sikap yang sangat tidak terpuji. Kalau sifat seperti ini terus kamu pertahankan, sama saja kamu melukai perjuangan para pahlawan yang bahu membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Stop egois, dan rangkul teman-temanmu untuk bersama-sama membangun negeri ini agar lebih baik.

Presiden pertama kita, Ir Soekarno, pernah bilang, "bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya". Yuk mulai menghormati jasa para pahlawan kita, dimulai dari hal terkecil. Dirgahayu Indonesiaku!


(Fadhil Nugroho Adi/CN41/SM Network)