• KANAL BERITA

Yuk, Bentuk Privasi Kamu Sendiri

Foto: mydeal
Foto: mydeal

EKSPRESI - Semakin dewasa, pasti pengin punya privasi sendiri kan? Privasi bisa dalam berbagai bentuk lho, nggak harus melulu soal kamar. Kadang seorang superstar dan superseleb juga perlu “room” atau “space to calm” buat diri mereka sendiri.

Pentingnya Privasi

Namanya juga privasi, semua yang berhubungan dengan hal-hal yang berbau pribadi harus disimpan buat diri sendiri. Jadi kaya dan terkenal memang menyenangkan. Kemana-mana super eksis deh pokoknya! Tapi justru semakin eksis kamu, semakin jarang kamu menemukan tempat khusus buat kamu pribadi. Nggak sedikit lho seleb yang punya pulau pribadi demi menjaga privasi mereka. Percaya deh, semakin eksis seseorang, semakin sedikit privasi yang tersisa.

Privasi itu penting buat relaksasi emosional seseorang, apalagi kalau setiap hari udah sibuk banget, banyak cercaan dimana-mana, semua orang pengen tahu dan mencampuri urusanmu. Udah banyak kejadian cewek jadi korban bullying, seleb jadi korban infotainment, public figure depresi karena nggak bisa menjaga privasi mereka sendiri. Kamu mau jadi seperti itu?

Bentuk Privasi

Nggak perlu sewa atau beli pulau buat kamu sendiri. Yang kamu perlukan sebenarnya:

“Me” Time

Kalau kamu baru aja selesai diterpa gosip “panas” dan semua orang mengerubungimu buat konfirmasi, yang kamu butuhkan adalah waktu buat dirimu sendiri. Atau, ujian akhir nasional yang sempat bikin kamu stress. Saat semua orang memojokkanmu, “Me” time bisa kamu pakai untuk menenangkan diri, mencari sisi positif dari semua peristiwa yang terjadi, bersenang-senang dengan orang-orang terdekatmu, bahkan untuk memanjakan dirimu sendiri.

Little Space

Cukup kamarmu sendiri, tempat kamu bisa berteriak, nangis, disko, sampai jingkrak-jingkrak senang atas apa yang terjadi hari ini. Di kamar usahakan semua teratur rapi setelah kekesalanmu karena dikhianati pacarmu terlampiaskan. Tapi ingat ya, se-privat apapun kamarmu, kamu masih tinggal bersama orang lain di situ. Jadi jangan terlalu gaduh.

Real Friends

Behind good privacy there’s real friend. Teman yang baik, yang bisa menjaga semua rahasia pribadimu, semua curhatmu dan semua kepentinganmu bisa kamu andalkan buat menjaga privasimu. Lagipula, teman yang baik adalah privasimu juga. Kamu nggak boleh membocorkan semua curhat mereka ke orang lain. Bersama mereka, kamu bisa melakukan hal gila apa saja, cerita apa saja, sampai curhat soal apa saja!

Tips Jaga Privasi Kamar

Sah-sah saja kalau kamu mengklaim kamarmu adalah istanamu, dan nggak seorang pun boleh masuk kecuali dengan ijinmu. Tapi, kamu juga harus bertanggungjawab buat menjaganya lho.

  1. Jangan ajak sembarang teman masuk dalam kamar. Usahakan dapat ijin dari salah satu ortumu yang ada di rumah dan kenalkan dulu pada mereka. Hal ini kadang bikin ortumu penasaran sama apa yang kalian lakukan di dalam kamar.
  2. Bersihkan sendiri kamarmu dengan teratur, kalau nggak mau kamarmu dimasuki sama pembantu atau bahkan mamamu yang penasaran isi buku harianmu.
  3. Minta anggota keluarga yang lain buat mengetuk kamarmu kalau mereka ingin masuk.
  4. Jangan terlalu lama berada di dalam kamar di waktu kumpul keluarga. Cepat atau lambat, mereka pasti pengen tahu kamu ngapain saja.
  5. Bikin ortu percaya kalau kamu bisa mengurus dirimu sendiri plus menjaga dirimu dari hal-hal negatif dengan menjaga Privasi kamu dengan bertanggung jawab.

(Adib Auliawan/CN42/SM Network)