• KANAL BERITA

Catat! 5 Cara Merawat Sepatu Kesayangan

Foto : berbagai sumber
Foto : berbagai sumber

EKSPRESI - Kamu suka mengoleksi sepatu? Berarti kamu juga harus bisa merawatnya agar tahan lama dan selalu terlihat seperti baru. Caranya? Intip 5 tips merawat sepatu di bawah ini!

Pakai Kaos Kaki
Biasakan pakai kaos kaki saat menggunakan sepatu. Selain dapat menghindari bau kaki yang dikarenakan keringat, menggunakan kaos kaki juga akan melindungi sepatu dari keringat yang dapat mengikis sol yang ada di dalam sepatu.

Pisahkan Kaos Kaki
Jika biasanya kamu menyimpan kaos kaki di dalam bagian sepatu setelah digunakan, sekarang coba hindari kebiasaan tersebut. Kaos kaki yang menyerap keringat kakimu seharian akan menimbulkan bau nggak sedap dan bakteri jika disimpan di dalam bagian sepatu.

Rutin Membersihkan 
Selalu cuci sepatu dalam waktu berkala dan konsisten. Biasanya mencuci sepatu secara keseluruhan bisa kamu lakukan 2 atau 4 minggu sekali. Bukan hanya bagian luar yang harus bersih, tapi bagian dalam juga perlu diperhatikan. 
Biasakan membersihkan bagian-bagian yang kotorsetelah digunakan seharian dan pastikan sepatu dalam keadaan kering sebelum meletakkannya di rak sepatu.

Cuci dengan Benar
Mencuci sepatu sebaiknya jangan direndam terlebih dahulu. Merendam sepatu dapat menyebabkan warna sepatu cepat pudar, lho. Hindari juga menjemur di bawah sinar matahari langsung. Sepatu yang terlalu kering saat dijemur akan rapuh dan cepat rusak. Atau kamu bisa mencuci sepatu kamu di laundry sepatu.

Simpan dan Pakai Sepatu dalam Keadaan Kering
Menyimpan sepatu dalam keadaan basah atau lembap akan menyebabkan munculnya jamur. Selain itu, menggunakan sepatu saat keadaan kaki yang basah atau lembap bisa menyebabkan alas sepatu kamu cepat rusak dan sepatu kamu menimbulkan bau yang nggak sedap lho.


(Femna/CN42/SM Network)