• KANAL BERITA

Bukan Pagi Hari, Ini Waktu yang Tepat untuk Pakai Deodoran

Foto: PaleoHacks
Foto: PaleoHacks

EKSPRESI - Sama seperti make up, menggunakan deodoran sebelum bepergian tentu jadi rutinitas yang nggak bisa ditinggalkan. Banyak orang mengandalkan deodoran dan antiperspirant dalam bentuk roll on untuk tetap segar dan terlindungi dari noda atau bau memalukan.

Tapi, tahukah kamu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan deodoran? Ternyata deodoran nggak tepat digunakan di pagi hari atau sesudah mandi, loh. Deodoran justru efektif dipakai saat malam hari.

Dikutip dari laman Ok.co.uk, dr Dawn Harper dari Inggris, punya alasan mengapa deodoran dan antiperspirant sebaiknya dipakai di malam hari.

Menurutnya, zat di dalam deodoran yang digunakan untuk mengeringkan ketiak akan memungkinkan ketiak kering sepenuhnya jika dipakai di malam hari.

Kenapa harus malam hari? Saat malam hari, tubuh kita bergerak lebih sedikit ketimbang saat pagi atau siang hari. Hal ini berarti tubuh kita pun mengeluarkan keringat dalam jumlah yang sedikit.

Ketika kelenjar keringat tidak bekerja terlalu aktif, saluran keringat lebih mudah menyerap bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam antiperspirant. Baru pada pagi harinya, kamu bisa membersihkan sisa-sisanya dengan sabun dan air.

Deodoran juga paling baik dipakai saat kulit ketiak benar-benar sedang kering. Kamu juga bisa menggunakan hair dryer atau mengipasi bagian ketiak agar ketiakmu benar-benar kering.

Soalnya, kalau kondisi kulit ketiak masih dalam keadaan basah, maka bahan-bahan aktif di dalam produk hanya akan sampai di lapisan luar saja dan tidak ke menyerap ke dalam pori-pori. Akibatnya nggak bisa menghambat keluarnya keringat yang berlebihan.

Setelah dioleskan atau disemprot, penting juga untuk memastikan deodoran mengering sebelum melanjutkan dengan aktivitas lain. Cara itu membuat deodoran dan antiperspirant bekerja sepenuhnya.


(Fadhil Nugroho Adi/CN42/SM Network)