Milenial Ramaikan Pasar Modal, Jangan Sampai Hanya Sekadar Ikut-ikutan

- Senin, 30 Agustus 2021 | 15:07 WIB
Ilustrasi Investasi. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi Investasi. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Menyusul gelombang investor newbie dari kalangan milenial yang masuk pasar modal di masa pandemi Covid-19, kekhawatiran bahwa mereka hanya sekadar ikut-ikutan tren investasi tak bisa tak diabaikan.

Pasalnya, seperti diungkap dalam gelaran FestiFund 2021 yang digelar oleh Indo Premier Sekuritas pada Minggu (29/8) lalu, ada banyak kesalahan terlalu umum yang dilakukan investor pemula dari kalangan milenial.

Sehingga investasinya masuk ke “zona merah“ atau justru mengacaukan tata kelola keuangannya.

Kesalahan-kesalahan umum tersebut biasanya karena memakai uang panas, tidak mengenali profil risiko, tidak punya tujuan investasi, fear of missing out (FoMO), emosional hingga asal pilih produk investasi.

Baca Juga: Wakil Menteri di Akhir Masa Jabatan Terima Uang Penghargaan dari Jokowi, Ini Besarannya

Seperti dalam keterangan yang diterima, Impersonator Kristo Immanuel yang pernah menjalani periode tersebut, mengakui keengganannya melakukan riset value di awal-awal investasi.

Sehingga membuat investasinya menjadi gegabah dan pernah terjebak pompom (terjebak arus). Investasinya kemudian pun justru mendatangkan kerugian.

Senada, CEO Gatherich Ken Handersen pun tak menampik bahwa di awal-awal investasi pernah pula gegabah dengan asal-asalan membeli produk investasi tanpa tujuan investasi yang jelas sehingga justru mengacaukan keuangannya karena gagal bayar.

Dalam kaitan itu, Head of Investment Specialist Syailendra Capital, Mochamad Aldies Sager mewanti-wanti investor milenial untuk due deligence pada produk reksa dana dan manajer investasinya serta tidak asal dengar dari teman atau FoMO di tengah kondisi ekonomi Indonesia yang masih tersandera pandemi Covid-19.

Baca Juga: Godbless Bagian dari Sejarah Musik Tanah Air, Jokowi Dukung Konser Virtual 48th Anniversary

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Program BI Religi Bantu Percepatan Vaksinasi Covid-19

Jumat, 3 Desember 2021 | 08:12 WIB
X