Sejumlah Indikator Ekonomi Positif, Presiden: Ini Membuat Kita Optimistis

- Senin, 30 Agustus 2021 | 09:36 WIB
Presiden membicarakan perekonomian nasional saat pertemuan dengan para ketua umum partai politik koalisi di Istana Negara. (BPMI Setpres / Rusman)
Presiden membicarakan perekonomian nasional saat pertemuan dengan para ketua umum partai politik koalisi di Istana Negara. (BPMI Setpres / Rusman)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sejumlah indikator perekonomian nasional menunjukkan angka yang menggembirakan, dalam tengah upaya pengendalian pemerintah di tengah pandemi.

Diakui Presiden Joko Widodo, Keseimbangan “gas dan rem” antara penanganan di bidang kesehatan dan ekonomi menjadi tantangan yang tidak mudah untuk dihadapi.

“Alhamdulillah di kuartal pertama 2021 dari minus 0,7 (persen), di kuartal kedua kita bisa sudah meloncat ke 7,07 (persen),” ujar Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat bertemu dengan para pimpinan partai politik koalisi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/08/2021).

Angka inflasi, kata Presiden Joko Widodo, juga relatif terkendali di angka 1,5 persen. Jika dibandingkan dengan sejumlah negara lain, inflasi di Indonesia relatif lebih terjaga.

Baca Juga: Salut! Anggota DPRD Kota Pekalongan Ini Wakafkan Tenaganya Jadi Relawan Pemakaman Covid-19

Indikator ekonomi lainnya yang juga membaik yaitu ekspor yang pada kuartal kedua naik sebesar 31,8 persen.

Angka tersebut utamanya didorong oleh sektor pertanian yang mengalami kenaikan cukup signifikan. “Saya kira ini membuat kita optimistis,” tambahnya.

Konsumsi masyarakat selama kuartal kedua berada di angka 5,9 persen. Sementara itu, investasi tumbuh sangat baik di angka 7,5 persen.

Perbaikan sejumlah indikator perekonomian tersebut dibarengi juga dengan naiknya Indeks Kepercayaan Pemerintah yang kini berada di angka 115,6 dibandingkan sebelumnya yang berada di angka 97,6.

Baca Juga: Pemerintah Ambil Alih Aset Obligor BLBI, Menkeu: Kami Akan Gunakan Semua Kewenangan Negara

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X