Milenial Paling Banyak Mengakses Pinjaman Online

- Selasa, 21 Mei 2019 | 14:09 WIB
Ilustrasi Istimewa
Ilustrasi Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kaum milenial diketahui paling banyak yang memanfaatkan pinjaman online. Jumlahnya cukup signifikan di tengah keberadaan fintech yang di antaranya tak jarang ilegal.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa secara nasional jumlah peminjamnya hingga Triwulan I 2019 mencapai 6.961.000 entitas. Dari jumlah tersebut, 70 persen di antaranya merupakan kalangan milenial.

"Karena tak ada agunan, cukup dengan gadget, gampang, cepat, kemudian dipikir menjadi menyenangkan. Meski harus diingatkan pula jangan sampai terjebak dengan fasilitas tawaran tersebut," jelas Kepala OJK Regional 2 Jabar, Triana Gunawan di Bandung, kemarin.

"Karena aplikasi di gadget pula, kita tinggal main yes, yes saja, kemudian kontak kita, database library kita bisa diakses dengan mudah sehingga ibaratnya menyerahkan diri sepenuhnya tanpa menelaah sebelumnya," imbuhnya.

Pasalnya, tak jarang keluhan bermunculan selepas warga mengakses pinjaman online tersebut kendati penertiban sudah dilakukan. Hingga April saja, OJK telah memblokir sebanyak 947 fintech ilegal. Hal itu tak terlepas dari banyaknya aduan dari masyarakat.

Karena itu pihaknya mengingatkan supaya masyarakat jeli dalam menyikapi keberadaan fintech yang menawarkan pinjaman online. Hal yang perlu dijadikan acuan adalah dengan menelisik produk tersebut secara seksama.

"Kalau memang perlu dana apalagi menjelang Lebaran, kemudian ada tawaran dari fintech, patokannya dua, legalitas produknya dan logis atau tidak syarat-syaratnya. Jangan terjebak di kemudahan kemudian saat ditagih, mulai bermasalah," jelas Triana Gunawan.

Editor: Maya

Tags

Terkini

Koperasi Mitra BI Ekspor Kopi ke Saudi Arabia

Jumat, 17 September 2021 | 20:35 WIB

Peran Dipertajam, Koperasi Sejenis Diminta Merger

Jumat, 17 September 2021 | 20:30 WIB

Kinerja PT KIW Tetap Positif di Masa Pandemi

Jumat, 17 September 2021 | 20:07 WIB

Pandemi, Pertumbuhan Investor Justru Makin Bersemi

Jumat, 17 September 2021 | 15:21 WIB

Data Ritel AS Menguat, Harga Emas Berjangka Menurun

Jumat, 17 September 2021 | 08:12 WIB

Transaksi Fisik Pasar Timah Melonjak

Kamis, 16 September 2021 | 22:29 WIB
X