Kadin Jateng Sinergi Madhang Semarangan: Berdayakan Mitra Garap Bisnis Kuliner Rumahan

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 06:45 WIB
Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono memberi sambutan saat kegiatan virtual expo kerja sama Suara Merdeka Network dan Kadin Jateng. (suaramerdeka.com / Modesta Fiska)
Ketua Umum Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono memberi sambutan saat kegiatan virtual expo kerja sama Suara Merdeka Network dan Kadin Jateng. (suaramerdeka.com / Modesta Fiska)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Peluang bisnis kuliner khususnya di Kota Semarang terus dibidik dengan memberdayakan mitra termasuk juga perempuan untuk membantu keuangan keluarga di masa pandemi.

Salah satu startup kuliner Madhang Semarangan pun memfasilitasi banyak mitra untuk bisa berjualan tanpa modal dan menghubungkannya dengan suplier UMKM yang sebelumnya sudah dikurasi BEDO (Business Export and Development Organization).

"Saat ini tidak hanya perang menghadapi pandemi tetapi juga bagaimana memulihkan ekonomi. Ini tidak bisa sendirian harus berkolaborasi dan ibu-ibu jaman sekarang bisa memanfaatkan peluang melalui digital tanpa harus meninggalkan aktivitas rumah," ujar Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng Kukrit Suryo Wicaksono.

Hal itu diungkapkan saat memberikan sambutan dalam virtual expo kerja sama Kadin Jateng dan Suara Merdeka Network dalam program Kadin Tangkap Peluang bersama (SMN) dan Madhang Semarangan, Kamis (26/8).

Baca Juga: Jayapura Diguncang Gempa Bumi Tektonik, Tidak Berpotensi Tsunami

Fokus untuk peningkatan inovasi UMKM juga harus diprioritaskan. Apalagi Jateng menjadi gudang UMKM produktif yang sangat besar jumlahnya.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi turut mengapresiasi kolaborasi Kadin Jateng, Kadin Kota Semarang dan SMN bersama Madhang Semarangan untuk membangkitkan lagi UMKM di masa pandemi ini.

Ketua TP PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi menambahkan, upaya untuk meningkatkan ekonomi keluarga juga sudah dilakukan melalui pelatihan dan juga bersinergi pokja-pokjanya di tingkat kelurahan.

Apalagi banyak keluarga yang harus kehilangan mata pencaharian karena kepala keluarga terpaksa di-PHK.

Baca Juga: Digitalisasi Jadi Solusi UMKM Terus Tumbuh di Saat Pandemi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ganjar Melapak, UMKM Kembali Tersenyum

Sabtu, 20 November 2021 | 11:24 WIB

32.620 Debitur di Magelang Terima Pinjaman Ultra Mikro

Minggu, 14 November 2021 | 21:30 WIB

40 UMKM di Demak Dilatih Siap Masuk Pasar Ekspor

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:17 WIB
X