Digitalisasi Jadi Solusi UMKM Terus Tumbuh di Saat Pandemi

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 06:15 WIB
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Fiki Satari dalam Success Talk bertema “Akselerasi Digitalisasi UMKM Untuk Negeri secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Fiki Satari dalam Success Talk bertema “Akselerasi Digitalisasi UMKM Untuk Negeri secara virtual. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah dan sektor swasta saat ini terus berupaya untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa bangkit setelah diterpa badai Covid-19 yang meluluhlantakkan mayoritas pelaku usaha.

Salah satu yang digeber adalah dukungan UMKM melalui strategi digitalisasi. Pasalnya dengan memanfaatkan teknologi digital, pangsa pasar UMKM semakin luas dan aktivitas perdagangannya bisa tercatat dengan baik.

Kementerian Koperasi dan UKM pun menargetkan 30 juta pelaku UMKM masuk dalam ekosistem digital pada 2024.

Pernyataan itu disampaikan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM, Fiki Satari dalam membuka Success Talk bertema “Akselerasi Digitalisasi UMKM untuk Negeri secara virtual, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: Fase Grup LIga Champions: Bayern Muenchen Vs Barcelona, Manchester City Jumpa PSG

Acara ini diselenggarakan beritakota.id dengan dukungan dari PT SiCepat Ekspres, Galeri24 PT Pegadaian (Persero), PT Shipper Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan Pengelola Nama Domain Indonesia serta idwebhost yang turut memberikan domain dan hosting gratis kepada peserta.

Chief Commercial Officer PT SiCepat Ekspres, Imam Sedayu mengatakan bahwa perusahaannya menaruh perhatian yang serius pada pengembangan UMKM terutama di tengah pandemi.

Bahkan produk-produk dan layanan logistik yang digulirkan lebih banyak mengakomodir kepentingan para UMKM.

Sebagai contoh layanan Halu (harga mulai Rp 5.000) dan Gokil (Cargo Kilat) yang memungkinkan para pelaku UMKM mengirimkan produknya dengan harga yang murah dan cepat.

Baca Juga: AS Roma ke Fase Grup Europa Conference League, Menang 3-0 Atas Trabzonspor

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

40 UMKM di Demak Dilatih Siap Masuk Pasar Ekspor

Kamis, 28 Oktober 2021 | 20:17 WIB

Kelompok UKM di Sleman Didorong Bentuk Koperasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:01 WIB

Hendi Dukung UMKM Naik Kelas Lewat Desain Kemasan

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:47 WIB

UMKM Perlu Mulai Berani Melibatkan Investor

Jumat, 22 Oktober 2021 | 21:34 WIB
X