Perempuan Bergerak, Ratusan Pelaku UMKM Ikuti Literasi Keuangan

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 20:17 WIB
 Narasumber literasi keuangan pelaku UMKM perempuan.(Foto: ist)
Narasumber literasi keuangan pelaku UMKM perempuan.(Foto: ist)

YOGYTAKARTA, suaramerdeka.com - Ratusan perempuan yang menjadi pelaku usaha UMKM di Jawa Tengah dan DIY belajar ekonomi digital.

Mereka berlatih digital onboarding gratis, akses pasar, dan promosi online selama enam bulan.

''Ada sekitar 320 pelaku UMKM perempuan di Yogyakarta dan Jawa Tengah berpartisipasi dalam program daring ini selama enam bulan.

Kami senang dan bangga dapat berkontribusi mendukung mata pencaharian para pelaku UMKM di masa-masa sulit ini melalui kampanye #IbuBerbagiBijak,'' papar Presiden Direktur Visa Indonesia, Riko Abdurrahman pada webinar, kemarin.

Baca Juga: Nasdem Salatiga Sukseskan Program Vaksinasi atas Prakarsa Anggota DPR RI Fadholi

Program #IbuBerbagiBijak, merupakan literasi keuangan yang diluncurkan pertama kali tahun 2017 dengan satu tujuan utama, memberdayakan perempuan agar memiliki pemahaman manajemen keuangan yang lebih baik dan meraih kebebasan finansial.

Program tersebut mendapat dukungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Ratusan ribu perempuan dan pelaku UMKM perempuan di Indonesia telah mengikutinya.

Namun program sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. Tahun ini kembali berlangsung, diperluas sehingga tidak hanya menyelenggarakan sejumlah workshop mengenai manajemen keuangan dasar, tetapi juga melengkapinya dengan sesi pendampingan yang bekerja sama dengan Maxi Consulting. Mereka berusaha

memberdayakan pelaku UMKM perempuan agar dapat bertahan dan bertumbuh jangka panjang.

Riko mengungkapkan berdasarkan survei yang dilakukan pada tahap pendaftaran program, para pelaku UMKM yang mendaftarkan diri mengakui pendanaan dan pemasaran merupakan dua hambatan utama pengembangan usaha.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X