Realisasi Investasi Semester 1 2021 Mencapai Rp 442,8 T, Tetap Tumbuh Semasa Pandemi

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 18:48 WIB
Ilustrasi Investasi. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi Investasi. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menopang pemulihan ekonomi di tanah air, investasi tetap mengalir ke Indonesia sepanjang paruh pertama tahun ini.

Realisasi investasi ini menunjukkan kepercayaan dunia usaha terhadap iklim investasi serta potensi investasi di Indonesia masih tumbuh di tengah pandemi yang belum berakhir.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi langsung (direct investment) selama Januari-Juni 2021 mencapai Rp 442,8 triliun atau telah mencapai 49,2 persen dari target investasi 2021 sebesar Rp 900 triliun.

Nilai investasi itu naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Jika dirinci berdasarkan asalnya, investasi langsung tersebut berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA).

Baca Juga: Bakti Kominfo Ajak Desa Wisata Manfaatkan Internet Untuk Buat Virtual Tour

Total pertumbuhan investasi langsung ini juga turut meningkatkan penyerapan tenaga kerja sebanyak lebih dari 620 ribu orang.

Dalam Dialog Kabar Kamis di Media Center KPCPEN pada 26 Agustus 2021, Staf Ahli Menteri Investasi Indra Darmawan menyatakan, tingkat optimisme investasi selama pandemi cenderung meningkat dan hal tersebut mendorong pemulihan ekonomi.

“Dilihat dari realisasinya, realisasi investasi di Pulau Jawa dan luar Jawa cukup seimbang. Begitu pula balance pada PMDN dan PMA juga makin seimbang,” tuturnya.

Untuk mengoptimalkan penyerapan investasi, menurut Indra digunakan strategi bertahan dan menyerang.

Baca Juga: Kebutuhan Vaksinasi Dunia Terus Meningkat, Indonesia Ekspor Alat Suntik Kebutuhan UNICEF dan Ukraina

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

KB Bukopin Bayarkan Klaim Asuransi Jiwa KPR

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:20 WIB
X