Pelaku UMKM Perlu Memperhatikan Konsistensi

- Sabtu, 27 April 2019 | 20:55 WIB
foto: suaramerdeka.com/ Setiady Dwi
foto: suaramerdeka.com/ Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - CEO ReFIT Indonesia, Irawan Amanko menyatakan bahwa pelaku UMKM perlu memahami pentingnya konsistensi dalam berusaha. Terlebih bagi pelaku usaha yang memulai pekerjaan tersebut sejak awal mengingat keberhasilan tak datang begitu saja.

"Karena kondisi autopilot dalam berusaha itu tak seketika, kerjakan dulu semuanya dengan baik," katanya, pelaku bisnis di industri fitness dengan pengalaman lebih dari tiga belas tahun itu di sela-sela National Roadshow IFBC Expo 2019: Info Franchise & Bussiness Concept di Bandung, Sabtu (27/4).

Selain itu, Irawan mengingatkan, pentingnya para pelaku UMKM memahami pengertian dasar tentang branding. Brand, sebutnya, merupakan kepribadian. Pesan sebuah brand memiliki kekuatan untuk menarik loyalitas pelanggan. Hal ini pula yang mendasari pihaknya dalam membangun branding ReFIT Club.

"Inti dari bisnis ReFIT Indonesia adalah menghadirkan fitness club yang dari sisi harga keanggotaan lebih kompetitif untuk segmentasi kelas menengah dengan tetap memperhatikan layanan yang profesional  dan fasilitas yang lengkap," katanya.

Dia pun menjelaskan strategi bisnis yang dikembangkan secara kemitraan yang dijalankan dalam membuka lima cabang yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Semarang, Jawa Tengah, dan Sidoarjo, Jawa Timur.

"Konsep kemitraan ini dipilih guna memberikan kesempatan para investor yang berminat mengeluti bisnis di industri fitness namun masih memiliki keterbatasan dari sisi pengalaman pengelolaannya," jelasnya.

Melalui kemitraan, imbuhnya, diharapkan terjadi transformasi pengalaman dan juga menjadi pilihan bisnis para pengusaha Indonesia. Lebih dari itu, ReFIT Indonesia bisa memperluas ekspansi bisnisnya di kota-kota lapis kedua (second tier) guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan pusat kebugaran yang  berkualitas internasional dengan harga keanggotaan yang kompetitif.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X