Pengembang Perumahan Tunggu Pemerintah Keluarkan Harga Rumah MBR Terbaru

- Kamis, 4 April 2019 | 21:12 WIB
Foto :suaramerdeka.com /Cun Cahya
Foto :suaramerdeka.com /Cun Cahya

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pengembang perumahan khususnya untuk segmen Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau subsidi masih menunggu dari pemerintah untuk harga standar penjualan rumah tahun 2019.

Kenaikan harga rumah subsidi tersebut seharusnya dilakukan pada Januari atau Februari 2019. Namun hingga April ini belum diputuskan juga.

Ketua DPD REI Jawa Tengah, MR Prijanto mengatakan, dampak dari belum naiknya harga rumah subsidi akan mengurangi margin pengembang karena harga tanah, material dan tenaga borong naik sedangkan harga rumah belum naik.

"Untuk Jawa Tengah harga rumah MBR Rp 130 juta, lima tahun lalu naik lima persen dan tahun ini lebih dari lima  persen perkirakan Rp 140 juta tapi ini belum turun harganya," katanya, di sela pembukaan Pameran Property Expo Semarang ke-3 di Mal Ciputra Semarang, Kamis (4/4).

Prijanto menambahkan, jika pengembangan masih mempunyai stok juga terpaksa menjual dengan harga 2018 yakni Rp130 juta untuk mengejar pemasukan.

Untuk Kota Semarang sendiri sekarang sudah tidak ada yang menjual rumah MBR karena sudah habis. Sedangkan di Jawa Tengah yang masih banyak stok membangun rumah MBR ada di Banyumas, Solo Raya, Kendal, Jepara dan Boyolali.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Pandemi Melandai, Komoditas Kopi Kembali Bersemi

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:15 WIB
X