Rakernas APPHEISI, Prof Arfin Sampaikan Catatan terkait Hukum Ekonomi Islam

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:40 WIB
Prof Dr Arfin Hamid, SH MH, anggota Dewan Pakar APPHEISI. (suaramerdeka.com  / dok)
Prof Dr Arfin Hamid, SH MH, anggota Dewan Pakar APPHEISI. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Lembaga-lembaga ekonomi syariah, baik yang bergerak dalam ranah bisnis maupun sosial, menunjukkan perkembangan signifikan.

Fenomena tersebut dijumpai dalam ranah global, regional, maupun lokal di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Ro’fah Setyowati PhD, Ketua Umum Asosiasi Pengajar dan Peneliti Hukum Ekonomi Islam Indonesia (APPHEISI) dalam pada Rapat Kerja Nasional APPHEISI, Minggu 22 Agustus 2021 secara daring.

Anggota Komisi Hukum MUI Jawa Tengah itu mengatakan, seiring dengan perkembangan lembaga-lembaga ekonomi syariah tersebut, maka kebutuhan atas instrumen hukum ekonomi Islam juga meningkat.

Ro’fah Setyowati PhD, Ketua Umum APPHEISI. (suaramerdeka.com / dok)

Namun demikian, lanjut dia, laju perkembangan instrumen hukum dimaksud, nampaknya tidak sama pesat dengan lembaga-lembaga ekonominya.

Oleh karenanya, menurut Ro’fah, agar hukum ekonomi Islam lebih efektif menjalankan fungsinya dalam memberikan keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dengan tetap terpenuhinya syariah compliance dan governance dalam praktik ekonomi syariah, maka perlu mencermati kondisi terkini, prospek, kendala dan langkah strategis pengembangan hukum ekonomi Islam.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Pengawas APPHEISI, Dr Habib Adji mengharapkan asosiasi ini dapat menjadi rujukan utama dalam menemukan ide dan pemikiran solutif atas berbagai permasalahan hukum terkait ekonomi syariah di Indonesia.

Sementara itu, melalui Masterplan Ekonomi Syariah, Bappenas telah mendiskripsikan fokus utama pengembangan ekonomi syariah 2019-2024 adalah sektor produksi dan jasa dengan komitmen implementasi halalan tayyiban.

Baca Juga: Angka Covid-19 di Jawa Tengah Turun Drastis, dari 3.000 Jadi 427 Kasus

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X